Tips Cara Tepat dan cepat Untuk pemula agar bisa cepat bisa Menyetir Mobil Sendiri

 Tips Cara Tepat dan cepat Untuk pemula agar bisa cepat bisa Menyetir Mobil Sendiri

 Belajar mobil manual tdk sesulit seperti yg kita bayangkan. Mobil manual merupakan mobil yang menggunakan transmisi manual untuk bisa berjalan. Mobil ini dikenal salam tiga pedal yaitu kopling, rem, dan gas.

Belajar mobil manual pastinya sangat berbeda dengan mobil matic. Belajar mobil manual penting diketahui bagi pemula yang ingin cepat lancar berkendara. setelah belajar mobil manual pasti akan membuatmu banyak berlatih atau harus selalu mencobanya

Mengetahui bagaimana tips belajar mobil manualbias sangat  membantumu mengendarai mobil dengan lancar, nyaman, dan aman. Tips belajar mobil manual meliputi pemahaman fitur mobil, cara mentrasmisi gigi, menciptakan kenyamanan, dan menjaga keselamatan selama berkendara.

Pilih tempat latihan yang aman

Tips & Trik  belajar mobil manual yang paling penting adalah memilih tempat atau lokasi belajar yang aman. Pilihlah tempat seperti lapangan, jalan sepi, atau lokasi luas yang jauh dari pemukiman dan keramaian.

tempat ini bisa membuatmu lebih berkonsentrasi. Selain itu, kamu juga tidak mungkin akan mengganggu atau membahayakan orang yang ada di jalan tersebut. Belajar mobil manual di tempat yang sepi cukup efektif sangat membantu kamu membiasakan diri menyetir mobil di jalan.

Kenali fitur mobil

Harus di ingat Sebelum menyalakan mobil, ada beberapa fitur yang dimiliki mobil. Fitur yang  penting dan harus dikenali di mobil manual kalian  adalah tiga pedal yaitu rem, gas dan kopling. Ini  yang sangat penting. Adapun Fitur yang lainya,yang  mendukung fungsi mobil adalah tombol lampu sein, klakson, dan tuas persneling mobil.

Harus Paham tentang fungsi pedal

Tiga pedal yaitu rem, gas dan kopling memiliki fungsi sangat penting saat menjalankan mobil manual. Pedal yang berada di kaki kiri atau sebelah kiri kita merupakan pedal untuk kopling, lalu pedal yang berada di tengah berfungsi sebagai rem, dan pedal yang tepat di sebelah kanan adalah pedal gas.

Kopling tugasnya adalah memutuskan putaran roda dan putaran mesin yang saling berhubungan. Kopling juga dipakai untuk menaikkan dan menurunkan gigi. Rem berguna untuk menghentikan laju mobil. Sementara untuk gas tugasnya memberi dorongan atau gerakan agar mobil bisa berjalan.

Perlu nya Konsentrasi

Saat mulai masuk ke mobil, tolong pastikan pikiranmu tenang, rileks, dan harus konsentrasi penuh. Konsentrasi sangat penting saat menjalankan mobil. Kamu harus memfokuskan diri ke transmisi mobil yang kamu pakai sambil memerhatikan keadaan jalanan.

 

Pastikan Duduk senyaman mungkin

Biar Cepat konsentrasi, pastikan posisikan duduk senyaman mungkin. Harus bias menghindari posisi tegang yang akan membuatmu kehilangan konsentrasi. Posisi Tempat duduk juga akan sangat berpengaruh ketika kaki menginjak rem, kopling ataupun gas. Pastikan pedal yang ada di posisi kaki kanan, kiri dan tengah harus bias terjangkau ketika akan menginjak sepenuhnya.

Lalu  Nyalakan mobil

Setelah kamu berada di posisi yg benar – benar nyaman dan penuh konsentrasi, saatnya kamu untuk mulai menyalakan mobil. Pertama, lalukan perpindahan tuas persneling ke posisi netral, pastikan yaitu di antara gigi ke tiga dan keempat. Dalam keadaan netral, tuas persneling boleh dan bisa digerakkan dengan bebas ke kiri dan ke kanan tanpa ada halangan.

Nyalakan mesin mobil dengan cara distarter yang ada pada kunci mobil, pastikan kamu juga menginjak pedal kopling secara penuh. Ketika mesin telah menyala lalu  lepaskan pedal kopling. Dan pastikan tuas transmisi masih dalam posisi Netral (N). kemudian tekan kopling full sepenuhnya. Catatan: Meskipun dalam keadaan netral, menekan kopling sebelum menyalakan mesin mobil akan mencegah mobil melompat ke depan.

Lakukan berkali2 agar mengetahui Posisi terbaik dalam mengingat jarak dan ayunan pedal kopling, rem dan gas adalah dengan cara menginjak kopling secara penuh dan ditahan. Kemudian lakukan melepas pedal kopling secara perlahan dan teratur agar laju mobil bias kita kendalikan.

Saat awal menJalankan mobil

Setelah menekan kopling full, selanjutnya yang harus dilakukan adalah masukkan persneling ke gigi 1.ketika ingin jalan buka Sedikit demi sedikit dan lepaskan kopling berlahan sampek jalan halus,stabil (tidak loncat-loncat) dan setelah jalan pastikan posisi depan kalian aman lalu injak pedal gas juga berlahan2 agar halus tidak loncat2.

Setelah itu, perbesar gas secara perlahan dan lepaskan kopling sedikit demi sedikit sampai kopling bekerja sepenuhnya. Jika telah melepas kopling sepenuhnya, lakukan akselerasi secara normal.

Harus Siaga rem

Ketika sudah berjalan dan Jika dirasa mobil terlalu cepat maka harusnya kamu segera melakukan pengereman. Secara otomatis kaki harus segera pindah bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem, pastikan  kaki kiri menginjak koplingnya, untuk pemula sebaiknya lupakan hal-hal yang kompleks. Cukup injak kopling dan  rem saja jika ingin membuat mobil lebih lambat atau melaju pelan dan berhenti tidak mendadak.

 Cara Menaikkan gigi

Ketika mesin sudah mulai gereng,, kamu biasanya akan menaikkan gigi. Mulailah dengan  proses memindahkan gigi dengan mengangkat kaki kanan dari pedal gas dan  lalu menekan kopling full. Setelah kamu  Pastikan sudah menekan kopling sepenuhnya lalu mulai melakukan perpindahan dari gigi 1 ke gigi 2.

Setalah  Pindahkan tuas persneling ke gigi 2. Lalu Lepaskan kopling pelan2 dan tambah kecepatan. Seperti saat kamu memulai, pastikan felling kopling dan gas harus diatur dengan benar untuk memastikan perpindahan gigi berjalan benar dan enak. Biasanya saat mobil sedang bergerak, kamu bisa melepas kopling sedikit lebih cepat daripada saat mulai menjalankan mobi yg awal. Lalu, jangan lupa kembalikan kedua tangan di atas setir.

Cara Menurunkan gigi

Sama persis ketika saat menaikkan gigi, kamu harus bisa menentukan kapan harus menurunkan gigi. Yaitu ketika mulai berkurang kecepatan, kamu akan merasakan mesin sedikit bergetar, dan respons akselerator berkurang.

Di saat itulah mulai lakukan pergantian gigi dengan cara mengangkat kaki dari pedal gas dan menekan kopling full lalu turunkan giginya.

Setelah itu lepaskan kopling perlahan biar stabil dan tidak mati mesin lalu sekira depannya  sudah  aman ,silahkan injak pedal gas perlahan dan menyesuaikan.

Silahkan lakukan dan praktekan ilmu ini baik buat pemula bias kursus di kursus Mengemudi mobil Ayko.karena bisa melayani Surabaya- sidoarjo –Tulungagung Wa 0857.0601.2354

 

4 Hal Penyebab Tarikan Mobil Tersendat Yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya, Penting !!!

Memiliki sebuah mobil tentunya mengharuskan anda merawat mobil tersebut agar kondisinya selalu prima ketika digunakan. Jika anda tidak merawat mobil dengan baik dan rutin, maka tentu saja menyebabkan permasalahan pada mesin maupun komponen lainnya. Salah satu masalah yang mungkin bisa terjadi adalah tarikan mesin mobil yang terasa tersendat seperti akan mogok. Membawa mobil dengan kondisi tersebut tentunya bukanlah hal yang nyaman, terlebih lagi jika anda menggunakannya untuk perjalanan jauh.

Biasa nya hal ini terjadi pada mobil-mobil tua, sehingga penting mengetahui cara merawat mobil tua. Namun bukan berarti jika hal ini tidak bisa terjadi pada mobil-mobil baru sekalipun. Kondisi seperti ini bukanlah hal yang baik jika dibiarkan terus menerus. Jika kondisi ini terjadi pada mobil anda, maka cari tahu penyebab tarikan mobil tersendat dan kemudian cari solusi untuk mengatasinya.
1. Bahan Bakar Mau Habis
Salah satu penyebab yang sering terjadi mengapa tarikan mesin mobil terasa tersendat adalah bahan bakar yang akan habis. Hal ini mungkin saja akan terjadi pada anda yang kurang begitu memperhatikan kondisi mobil. Mungkin anda lupa mengecek indikator bahan bakar ataupun terdapat kerusakan pada indikator bahan bakar yang belum anda ketahui. Sehingga bensi atau solar habis tanpa anda sadari. Jika masalah ini menjadi penyebabnya, maka hal yang harus anda lakukan adalah mengisi kembali bahan bakar kendaraan anda. Jangan lupa untuk memperbaiki indikator bahan bakar jika memang terjadi kerusakan sehingga kondisi ini tidak akan terjadi lagi. Selalu periksa volume bahan bakar mobil sebelum akan digunakan.
 2. Filter Bahan Bakar Bermasalah
Filter bahan bakar merupakan komponen yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang akan masuk ke dalam ruang proses pembakaran. Jika bahan bakar yang anda gunakan kurang bersih, maka tentu saja akan banyak kotoran yang menumpuk pada filter bahan bakar yang kemudian menyebabkan aliran bahan bakar menjadi terhambat. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan akselerasi menjadi tidak lancar dan seperti tersendat-sendat seperti terbatuk. Mobil anda mungkin masih dapat berjalan karena sisa bensin yang ada di selang ataupun ruang pembakaran. Namun hal ini akan menyebabkan mengendarai terasa kurang nyaman. Untuk mengatasinya maka tentu saja anda harus mengganti filter bensin dengan komponen yang baru. Ada dua jenis filter bensin yang digunakan, pada ruang mesin sebelum ruang pembakaran serta pada tangki bahan bakar. Sehingga cobalah periksa kondisi kedua  filter bensin jika mobil terasa tersendat saat digunakan.
Selain itu tangki bahan bakar juga perlu untuk dikuras meskipun bahan bakar tidak sedang tersumbat. Untuk mobil baru, ada beberapa perlakuan khusus yang perlu anda lakukan. Paling tidak, lakukan pengurasan setelah usia mobil anda melebihi 5 tahun. Tak hanya dapat membersihkan kotoran yang terendap di dalam tangki, namun caraini juga efektif untuk mengantisipasi jika terdapat senyawa baru maupun  mencegah korosi di dalam tangki.
Selain itu perhatikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin saja menyebabkan permasalah pada filter bahan bakar. Jangan sesekali membiarkan kondisi tangki kosong karena akan memicu korosi. Udara panas yang ada di dalam tangki akan berubah bentuk menjadi embun ketika mobil tidak digunakan. Reaksi kimia ini lah yang kemudian membentuk senyawa baru yang membahayakan kondisi mesin kendaraan. Selalu gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan oleh pabrikan mobil.

3. Mesin Yang Terlalu Panas
Penyebab tarikan mobil tersendat lainnya dapat dikarenakan kondisi mesin yang terlalu panas. Hal ini juga terkadang menjadi penyebab mobil kurang tenaga di tanjakan. Ciri-cirinya akan sangat jelas terlihat seperti mesin mobil ngelitik dan jalannya yang tersendat-sendat. Mesin mobil yang terlalu panas akan membuat tenaga mobil menjadi menurun drastis dan membuatnya tersendat. Penyebab mesin mobil cepat panas seringkali dikarenakan radiator mobil yang bermasalah. Biasanya dikarenakan air radiator yang habis. Hal ini yang kemudian menyebabkan selang bypass menjadi rusak atau sobek dan menyebabkan kebocoran pada radiatir. Untuk solusi mengatasi hal ini maka anda perlu mengganti selang bypass dengan yang baru. Segera bawa ke bengkel khusus yang menangani radiator untuk ditangani langsung oleh teknisi yang sudah ahli.
Namun sebelunya, anda bisa mengecek terlebih dahulu indikator suhu pada dashboard mobil. Hal ini cukup efektif ketika anda sedang mengemudi di jalan. Yang paling penting adalah selalu lakukan pengecekan rutin pada air radiator mobil anda. Jangan sampai volume air habis yang akan membuat kerusakan fatal pada mesin kendaraan anda.
4. Masalah Pada Sistem Pengapian
Untuk masalah pada pengapianm ada beberapa komponen yang perlu anda cek mulai dari koil, busi, serta kabel busi. Biasanya komponen-komponen tersebutlah yang dapat menyebabkan mesin brebet dan tersendat. Tanda-tanda yang bisa dirasakan adalah gejala mobil tersendat pada semua tingkat kecepatan. Hal ini dikarenakan pasokan bahan bakar tidak sampai dan menyebabkan kondisi mesin kurang prima. Kondisi pengapian yang kurang baik terkadang menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Hal ini lah yang kemudian menyebabkan over supply bahan bakar. Untuk melakukan pengecekan, anda bisa melakukannya dengan mudah di malam hari. Letakkan mobil di tempat yang gelap dan kemudian nyalakan mesin. Perhatikan kondisi piranti pengapian, akan muncul seperti percikan api jika terjadi kebocoran di dalamnya.

Cara lainnya untuk mengatasi mobil yang terasa tersendat adalah dengan melakukan tunep up di bengkel mobil. Namun jika penanganan tune up tetap tidak dapat memperbaiki kondisi mobil, maka cara selanjutnya adalah dengan pemeriksaaan menyeluruh pada setiap komponen oleh teknisi yang ahli. Jangan membiarkannya begitu saja karena dapat menyebabkan kondisi kerusakan yang semakin parah. Nah itu tadi penjelasan mengenai beberapa penyebab tarikan mobil tersendat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI


Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa

0857.0601.2354  (Indosat)

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Betul



Cara Memperbaiki Aki Kering Motor, di zaman teknologi yang modern ini khususnya dalam bidang otomotif selalu menggunakan aki kering sebagai penyuplai sumber daya listrik DC (direct current) baik bagi motor ataupun sepeda motor.
Aki kering bisa disebut dengan aki MF Battery (battery maintenance free), sebab dengan menggunakan aki kering kita lebih mudah melakukan perawatan dan peletakannya juga bebas diposisikan miring atau tegak tidak akan jadi masalah.
Aki kering dan aki basah sebenarnya memiliki fungsi yang sama yaitu dari segi kapasitas ampere mulai dari yang tinggi sampai rendah dan perbedaannya hanya dari segi efisiennya saja. Akan tetapi jika dibandingkan dengan aki basah, aki MF memiliki keunggulan yang cukup bagus karena bahan materialnya menggunakan sparepart khusus yang tahan terhadapa korosi. Tetapi kalau dilihat dari harga aki kering sedikit lebih mahal dibandingkan dengan aki basah.
Perlu kita ketahui bahwa ketika memakai aki kering, kita juga perlu belajar cara untuk memperbaikinya. Karena tanpa mengetahuinya kita akan mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk perbaikan aki. Hal yang perlu di perhatikan sebelum melakukan perbaikan atau service aki adalah menyiapkan beberapa alat dan bahan yang akan digunakan. Alat dan bahan nya pun tidak rumit dan sangat mudah di dapatkan. Berikut beberapa alat dan bahan yang perlu di persiapkan :
·         Cairan Accu
·         Obeng
·         Kain Lap
·         Lem Plastik
·         Suntikan Plastik/ SPED
Carilah cairan aki yang baru dan biasanya digunakan untuk mengisi aki baru. Karena biasanya komposisi air aki berbeda dengan yang digunakan untuk penambah aki. Memakai suntikan bekas tinta printer atau bekas yang lain juga diperbolehkan. Setelah alat dan bahan siap, berikut langkah langkah cara memperbaiki aki kering. (baca juga : keluarnya asap pada motor )
Cara Memperbaiki Aki Kering Motor :
1. Membongkar Aki
Aki yang akan diperbaiki sebaiknya dibersihkan dahulu. Bersihkan bagian luar pada aki, sehingga kotoran atau material yang menempel pada aki hilang. Cara membersihkannya cukup dengan kain lap yang sudah disediakan. Sesudah membersihkan, saatnya membuka aki tersebut.
Cara membukanya cukup mudah dengan menggunakan obeng. Congkel lah bagian tutup aki sampai terbuka. Memang butuh tenaga untuk mencongkel aki, apalagi tutup pada aki sulit untuk dibuka. Yang terpenting pada saat proses membuka aki jangan sampai pecah, rusah sehingga mengakibatkan aki bocor. 
Dan jika sampai rusak akan sulit untuk menggantinya karena sparepart nya juga tidak ada. Bisa juga dilakukan dengan modifikasi akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama dan kurang efisien.
2. Mengisi Air Aki
Selanjutnya sesudah tutup aki terbuka siapkan suntikan dan juga kain lap yang telah di sediakan. Pada saat akan mengisi aki cek terlebih dahulu aki anda. Pastikan sudah membuka bagian lubang karet pada aki. biasanya ada sekitar 3-10 lubang karet tergantung kapasitas amperenya.
Semakin banyak lubang karet semakin besar kapasitas amperenya dan terdapat banyak sel di dalamnya. Untuk cara pengisiannya adalah, siapkan air aki dan buat air aki pada suntikan. Lalu jika sudah masukkan suntikan yang berisi air aki ke dalam lubang karet pada aki dengan jarak hingga 1cm dibawah lubang. Lakukan pengisian sampai merata dan usahakan penuh.
Jika sudah tutup rapat bagian lubang karet dan pastikan tidak mudah dibuka kembali. Cek bagian aki yang sudah diisi kemudian usahakan tertutup dengan rapat dan tidak ada kebocoran pada aki. Setelah proses pengisian aki selesai, pasang kembali tutup aki sehingga aki terlihat seperti baru. Pastikan pemasangan tutup dengan rapat. Jika pada tutup terdapat retak atau sedikit kerusakan bisa di rekatkan dengan lem plastik yang sudah anda sediakan. 
3. Mengisi Daya Listrik Aki
Proses selanjutnya yang akan dilakukan adalah mengisi tegangan daya atau bisa jug disebut memberi setrum pada aki. Proses ini merupakan proses pengisian daya, sama hal nya ketika kita mengecas hp atau laptop dengan adaptor. Akan tetapi selain itu juga ada lagi pengisian aki menggunakan aki motor. Jadi ada 2 cara yaitu dengan cas aki dan menggunakan aki motor lain.(baca juga : penyebab sepeda motor boros)
·         Mengisi Aki dengan cas aki
Yang pertama adalah cara mengisi aki dengan menggunakan cas aki. Menggunakan cas adaptor aki memang sangat efisien dalam pengisian daya nya. Alat ini sama hal nya denga trafo yang digunakan pada cas hp atau laptop. Akan tetapi pada cas aki daya dan kapasitas amperenya pasti lebih besar.
Alat sudah banyak dijual oleh penjual aki dan banyak digunakan oleh  jasa setrum aki dan tukang service aki. Caranya sama dengan proses pengecasan seperti yang anda lakukan pada hp dll. Lebih bagusnya ketika memakai cara ini ialah terdapat indikator jika daya sudah terisi penuh pada aki dan aki siap untuk digunakan.  (baca juga : kelebihan ban yang diisi dengan nitrogen )
·         Jamper pada Aki Motor
Selanjutnya adalah cara jamper pada aki motor lain. Perlu di ketahui bahwa jika menggunakan cara ini harus melihat sumber daya aki yang dipakai dalam keadaan prima. Caranya lakukan dengan menjamper aki dan nyalakan motor kendaraan anda. Nyalakan mesin kurang lebih dalam waktu 30 menit sampai 1 jam.
Menggunakan cara ini memang tidak se efisien dengan menggunakan cas. Dengan jamper pada aki motor lain, paling tidak ada daya awal untuk aki yang akan diisi sebelum digunakan pada kendaraan anda. Setelah anda isi dan anda pasang pada motor anda, usahakan juga melakukan pemasan mesin motor dalam posisi stasioner sebelum anda menggunakan perangkat lain pada motor anda agar posisi aki yang digunakan stabil. 
Aki kering yang saat ini sering digunakan pada motor kendaraan memang terkenal anti perawatan, tetapi semua hal pastinya mempunyai masa aktif atau jangka waktu penggunaan. Salah satu untuk melihat jangka waktu aki ini dengan cara mengecek secara rutin dalam hal kebersihannya. Sebagus apapun aki yang kita punya jika tidak di jaga akan cepat rusak.
Menjaga kebersihan aki secara rutin perlu dilakukan kemudian usahakan sebelum memakain kendaraan pastikan untuk melakukn pemanasan terhadap mesin kendaraan. Hal ini berlaku bagi semua kendaraan baik motor maupun sepeda motor yang menggunakan aki kering atau aki MF khusunya. Cek juga sekering kendaraan, baik dalam penataan kabelnya. Kalau sedikit saja terlihat kacau maka akan menimbulkan konsleting pada motor kendaraan anda.

Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI


Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0821.3979.3354 
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

Cara Merawat Kopling Mobil Agar Awet Tidak Cepat Aus

Tips cara merawat kopling mobil agar awet tidak cepat aus. Kampas kopling pada mobil manual merupakan salah satu faktor yang penting supaya mobil tidak kehilangan tenaga saat berjalan, terlebih lagi di jalan yang menanjak. Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam langkah merawat kopling pada mobil manual, terutama untuk mobil baru yang jarak tempuhnya belum mencapai 100.000 km. Tetapi untuk mobil yang biasanya sudah berusia, kadang masalah pada kopling tersebut akan timbul seperti mesin yang tidak bisa di kopling ataupun yang lainnya.
Pada dasarnya merawat kopling tergantung pada cara Anda mengemudi dan juga seberapa berat medan yang sering dilalui. Kampas kopling pada mobil manual merupakan salah satu faktor yang penting supaya mobil tidak kehilangan tenaga saat berjalan, terlebih lagi di jalan yang menanjak.
Bagian-bagian pada kopling : Kopling pada mobil terdiri oleh beberapa bagian yang saling berkaitan, di antaranya adalah plat kopling (cluth disc), kampas kopling, cover cluth yang berfungsi sebagai pegas, leher kopling (release bearing), pedal kopling, penghubung (hidrolik/mekanik). Prinsip kerjanya yaitu pada saat pedal kopling di tekan, maka putaran mesin tidak akan di teruskan atau di salurkan ke transmisi, karena kampas kopling dan fly wheel tidak saling bersinggungan. Pada saat pedal kopling dilepas, maka putaran mesin akan tersalurkan ke transmisi untuk kemudian menggerakan roda mobil.
Cara Cara Agar Kopling Terawat
  • Usahakan untuk secara rutin memeriksa akan terjadinya kebocoran minyak kopling, terutama pada bagian bawah master kopling. Hal ini dikarenakan biasanya akan terjadi kebocoran pada bagian tersebut saat menginjak pedal kopling yang diakibatkan oleh beban yang terlalu berat.
  • Cek dan pastikan jika setelan pada pedal kopling sudah pas dan tepat.
  • Periksa juga setelan tekanan pada pedal kopling, sebab biasanya kopling yang sudah mengalami kerusakan, kopling menjadi lebih berat saat ditekan.
  • Jika terlihat kebocoran oli dari sambungan transmisi dan mesin, sebaiknya sesegera mungkin diganti bagian belakang seal crankshaft. Karena jika hal ini dibiarkan, maka bisa menyebabkan selip pada kopling yang disebabkan oleh oli yang bocor tersebut.
  • Saat berhenti di lampu merah usahakan mobil dalam posisi netral.
  • Mobil yang terlalu diberi beban lebih dan pemakaian kopling yang kasar juga akan berakibat cepat merusak komponen per pada bagian kampas.
 Bagi pengendara mobil, sebaiknya tidak hanya mampu mengendarai mobil saja melainkan juga mampu merawat beberapa komponen mobil seperti halnya kopling tersebut.Tidak menutup kemungkinan berbagai komponen pada mobil yang tidak dirawat atau kurang perawatannya umur kendaraan akan berkurang.
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI


Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354
 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

Keraguan yang Membuat Orang Takut Membeli Mobil Bekas. Ada Solusinya!

Mobil Tampak Bagus tapi Punya Masalah Yang Tidak Diketahui


Kasus yang sering terjadi saat mobil bekas incaran di puncak, tidak ada masalah yang sama. Pihak penjual pun telah mengetahui calon pembeli untuk kondisi mobil, akan tetapi, setelah itu mobil tersebut pun mulai rewel.

Keraguan ini nampaknya menjadi mata-mata orang-orang yang akan membeli mobil bekas. Hal ini biasanya dilakukan oleh pembeli yang terlalu terburu-buru atau tidak sama sekali dengan cara pemeriksaan mobil.
Maka itu, memperbaikilah untuk melakukan pemeriksaan kondisi dan seksama sebelum membeli mobil bekas idaman, ada masalah bawa teman atau tenaga ahli yang memang paham tentang cara memeriksa kondisi mobil bekas

Odometer Telah Diotak-atik Oleh Pengguna Sebelumnya



Angka pada odometer merupakan salah satu hal yang kerap sebelum membeli mobil bekas. Semakin tinggi angkanya maka kondisi mobil tersebut pun harus berhubungan dengan lebih dalam.

Ada saja penjual yang mengotak-atik penunjuk tempat untuk mengelabui pembeli. Praktik semacam ini pun tidak sadar mempengaruhi pembeli. Ragu-ragu akan membeli mobil bekas.
Tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui keaslian odometer, cara paling baik untuk meminimalisir risiko ini adalah dengan membeli mobil dengan catatan layanan lengkap di bengkel resmi.
Dengan begitu pembeli dapat melakukan cross check  dengan menggunakan buku servis dari mobil tersebut.

Mobil Bekas yang Dijual saat Mengalami Kecelakaan



Seiring waktu, kondisi mobil tentu akan mengalami penurunan. Namun demikian, kondisi mobil pun akan tetap tersimpan bila diurus dengan baik. Kerusakan minor seperti ini merupakan yang lumrah bahkan sudah dimaklumi para pembeli mobil bekas.

Lantas, bagaimana jika mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan yang banyak terjadi yang rusak parah. Bioplun telah mengalami proses perbaikan, umumnya fungsi dari mobil ini akan mengalami penurunan. Hal inilah yang jadi cepat para pembeli mobil bekas.
Akan lebih berbahaya lagi bila penjual tidak berterus terang dengan kondisi tersebut dan menjual mobil dengan harga pasaran. Pembelian mobil bekas dengan keadaan seperti ini benar-benar harus dihindari!

Mobil Bekas Merupakan Hasil Curian

Salah satu hal yang bahasa adalah mobil atau kendaraan hasil pencurian, sahabat otomotif ini yga harus diwaspadai, karena ini merupakan salah satu resiko membili kendaraan bekas yg paling risk, perlu diketahui untuk membeli mobil itu diketahui surat surat kelengkapan berkendara nya seperti STNK, BPKB dan sebagainya.
lalu kita harus tau silsilah atau rektur pembelian sebelumnya dikarenakan jika kita tidak menanyanyakan pada penjual bisa jadi ini barang curian,  dan jangan sekali sekali tergiur oleh harga yang terbilang murah dr yang lain dikarenakan hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli , jangan tergiur harga murah, body bagus dsb, buat apa body bagus ,harga murah kalo mesinnya, kaki kaki, rangka dan sebagainya tidak layak, maka dari itu kita harus teliti sebelum membeli dan harus jeli akan kendaraan yang kita akan beli tersebut.

Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI


Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

3 Tips Aman Berkendara Saat Hujan. Apa yang Harus Diperhatikan?

Kendaraan Harus Siap Sebelum Digunakan Saat Hujan


Kesiapan kendaraan menjadi salah satu faktor utama yang harus dibuat saat musim hujan datang. Jangan hanya asal bisa jalan, Anda juga harus memerhatikan hal-hal berikut:
  •  Periksa Kondisi Semua Ban

    Ban adalah salah satu yang paling penting untuk peringatan ketika membawa kendaraan saat hujan. Kondisi jalanan yang diizinkan harus didukung oleh ketentuan larangan yang benar-benar prima.
    Hal yang harus dilakukan adalah mengecek angin pada masing-masing larangan. Ini bisa dilakukan dengan cara, pintu belakang, dashboard , atau di balik tutup tangki bensin.
    Jangan sampai ban kempes untuk perjalanan yang cukup jauh. Periksalah minimal satu kali dalam sebulan!
    Bukan hanya anginnya, Anda juga harus memerhatikan apakah ban itu masih bagus atau tidak. Jika ban karet sudah ada, Kumpulkan segera ganti sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan raya.
    Alur ban yang masih bagus akan membantu Anda untuk terhindar dari masalah melayang di atas udara ( aquaplaning) dan tergelincir ( slip ) kompilasi hujan.
  • Periksa Semua Lampu
      Ban sudah selesai membosankan? Kiniemeriksa semua lampu!
      Lampu depan atau lampu utama terlebih dahulu. Pastikan Anda menggunakan lampu karena sangat dibutuhkan saat sedang hujan.
      Selanjutnya, lampu juga menyala dengan baik. Ketika hujan besar, biasanya jalanan akan terlihat kurang jelas. Kalau sudah begini ...
      Lampu rem dan lampu rem akan sangat berjasa untuk memberi tahu pengendara yang berada di belakang.
      Jangan lupa juga untuk mengecek lampu sen (lampu tanda belok) yang ada di bagian depan dan mobil.
    • Periksa Kontrol Utama
      Apa saja yang termasuk bagian utama kendaraan?
      Bagian ini terdiri dari kemudi, pedal gas, pedal rem, dan kopling. Pastikan semua bagian dapat diakses dengan sangat baik dan tidak ada yang macet.
      Sebaiknya memberikan juga perhatian dan perawatan ekstra pada setiap bagian, khususnya saat musim hujan. Hal ini sangat memperluas agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk dari kecelakaan.
      Sudah mengecek semua bagian kendaraan Anda? Apakah ada yang harus diperbaiki? Kalau ya, garap segera bawa ke bengkel dan jangan ditunda lagi!

      Perhatikan Aturan Berkendara saat Hujan!


      • Waspada Saat 30 Menit Pertama
        Bagaimana maksudnya?
        Perlu Anda ketahui bahwa hujan yang baru saja turun membuat jalanan menjadi sangat licin. Tingkat kelicinannya pun berbeda dengan jalan yang sudah lama karena hujan.
        Ini disebabkan oleh jalanan yang tidak basah, menjadi basah. Selain itu, ini juga, oleh debu dan minyak yang telah mengering, akhirnya terkena air hujan. Hal ini membuat lapisan menjadi sangat licin.
        Lagi ...
        Anda akan kesulitan mengendalikan mobil dan hal ini biasanya terjadi sekitar 30 menit pertama setelah hujan mulai turun. Oleh karena itu, pada waktu ini Anda harus lebih waspada dan melaju sangat hati-hati.
      • Jangan Ngebut!
        Mengurangi kecepatan mobil saat berkendara adalah hal yang wajib dilakukan. Saat hujan jalanan tidak hanya karena udara, namun bisa juga licin karena udara yang bercampur dengan oli yang berceceran.
        Jika hal tersebut terjadi, maka bisa saja ban mobil Anda tergelincir atau tergelincir. Supaya hal itu tidak terjadi, kemudikanlah mobil dengan kecepatan rendah.
        Apa pengaruhnya?
        Mobil yang melaju dengan kecepatan rendah akan membuat alur larangan bersentuhan langsung dengan aspal. Ini akan membuat larangan cengkram menjadi sangat baik.
      • Nyalakan Lampu Mobil
        Saat hujan turun dengan cukup deras, maka kondisi jalanan menjadi tidak jelas. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengetahui lampu depan dan mobil.
        Tidak hanya saat hujan deras, Anda juga perlu mengakui lampu hanya hujan rintik-rintik.
        Menyalakan lampu mobil saat hujan dapat berguna untuk Anda dan juga pengendara lainnya. Khusus untuk Anda, bisa jadi melihat kondisi jalan yang ada di depan.
        Kemudian untuk penglihatan lain, Anda dapat melihat bahwa kendaraan Anda sedang melaju, Anda akan terhindar dari kecelakaan.
        Saat mobil Anda dilengkapi dengan day time running lights , maka harus dinyalakan. Ini dapat membantu pengendara yang ada di belakang dapat melihat Anda dengan baik, Anda akan terhindar dari tabrak kejadian.
        • Jangan Buat Lampu Hazard!
          Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, Anda sangat disarankan untuk mendapatkan lampu utama ( siang hari ).
          Satu hal yang perlu diingat!
          Jangan pernah pakai lampu hazard kompilasi hujan. Apa alasannya?
          Penggunaan lampu bahaya juga akan membuat pengendara yang ada di belakang Anda menjadi kesulitan dan terganggu. Lampu ini malah akan membuat pengendara yang lain menjadi tidak sama dengan Anda.
          Bukan hanya itu ...
          Penggunaan lampu hazard juga akan membuat pengendara yang ada di belakang menjadi tidak tahu Anda akan berbelok arah.
        • Jaga Jarak Aman Berkendara
          Jangan terlalu dekat dengan kendaraan lainnya!
          Sebisa mungkin Anda harus menyesuaikan jarak aman saat hujan turun. Kondisi jalan yang licin membuat Kendaraan membutuhkan jarak untuk mengerem.
          Jarak yang dibutuhkannya pun dapat dikatakan sedikit lebih jauh jika dibandingkan mengerem kompilasi jalan kering.
          Perhitungannya begini:
          Jarak aman saat cuaca normal adalah sekitar 2 detik dari kendaraan yang ada di mantra. Nah , kalau hujan, buat jaraknya menjadi lebih jauh, yaitu sekitar 4 detik dari kendaraan yang ada di depan,
          Bukan hanya butuh waktu untuk mengerem, nasib kita sebagai pengendara pun kurang jelas. Ruang yang membuat kita tidak siap untuk mengerem dadakan.
          Manfaat lain adalah bisa menghindar dari mobil yang ada di depan Anda.
        • Hati-Hati dengan Genangan Air!
          Saat hujan turun, lubang di jalan pun tidak terlihat. Anda setuju?
          Lubang kecil atau besar pun tidak akan terlihat jika sudah tertutup oleh genangan udara. Kalau lubangnya tidak terlalu dalam, mungkin tidak akan terlalu bahaya.
          Namun bagaimana jika lubang di balik genangan udara itu sangat besar?
          Jika lubangnya besar, mobil Anda pun bisa saja terperosok di dalamnya. Kalau sudah begini, akan sangat merepotkan, bukan?
          Perjalanan Anda akan sangat membantu dan membuat jalanan menjadi macet.
        • Kuasai Mengatasi Slip
          Jika Anda tergelincir atau tergelincir saat hujan adalah hal yang sangat wajar, meskipun Anda sudah melarikan diri dengan sangat hati-hati.
          Tak jarang seorang pengemudi. Jadi apa yang Anda lakukan?
          Perlu diingat!
          Jangan pernah sekalipun berhasil menginjak rem sampai habis. Apalagi jika mobil Anda dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS).
          Ini yang harus Anda lakukan:
          Jangan panik dan tekan pedal rem dengan pasti sambil mengarahkan kemudi sesuai dengan arah slip. Mudah, kan?

          Wajib Berhenti Jika Hujan Terlalu Deras!


          Salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah ketika turun terlalu deras. Meskipun banyak cara yang dilakukan, memaksakan untuk melakukan perjalanan saat hujan deras adalah langkah yang salah.
          Saat hujan turun sangat deras, pastikan lampu membuat gambar kita menjadi tetap tidak fokus. Ketika wiper Sudah TIDAK can Menjaga kaca mobil Kembali Jernih, APA Yang Harus dilakukan?
          Wajib menepi!
          Jangan paksakan untuk melakukan perjalanan karena ini akan sangat berbahaya bagi Anda dan juga orang lain.
          Tidak ada salahnya untuk menepi instan sambal menunggu hujan reda dan kondisi jalan jadi membaik. Oh ya, jangan menepi di bawah pohon karena hal ini juga sangat berbahaya.
          Kenapa?
          Ketika hujan turun sangat deras, biasanya juga dengan angin yang kencang. Tak jarang banyak ranting atau pohon tumbang saat ini.
          Coba membayangkan bahwa Anda sedang menepi di bawah pohon dan ternyata tumbang. Sangat berbahaya bukan? Niatnya menghindari bahaya, malah mengandung bahaya.
          Lalu, di mana tempat yang tepat untuk menepi?
          Anda bisa memilih menepi di restoran dan cafĂ©. Kedua tempat ini memungkinkan Anda untuk bersantai dan keluar dari mobil. Jika terjadi apa-apa dengan mobil, peluang sangat aman, bukan?
          Tempat lain adalah pom bensin atau daerah peristirahatan terdekat.
          Jika memang hal itu terjadi di sektor jalan, lakukanlah untuk bahaya lampu untuk memberi tahu Anda sedang menepi.
          Tidak perlu menunggu sampai hujan benar-benar reda. Anda bisa kembali dengan kondisi yang berbeda-beda. Cuaca sudah mulai membaik.

          Solusi Mobil Mogok Terkena Banjir Saat Hujan

          Tak jarang terjadi saat hujan macet. Hal ini nampaknya telah umum terjadi di berbagai ruas jalan, terlebih lagi jika hujan turun cukup deras.
          Saat hujan turun dengan deras, biasanya terjadi banjir di beberapa tempat. Memang tidak banjir yang deras, namun cukup tinggi untuk ukuran kendaraan.
          Saat ini terjadi, tak jarang kendaraan, baik mobil maupun motor menjadi mogok. Hal ini disebabkan oleh udara yang masuk ke dalam saluran gas buang.
          Apa yang Anda lakukan?
          Kalau jawabannya langsung berlalu mesin, tentu salah besar!
          Saat mobil atau motor Anda mogok karena terjebak banjir di jalan, jangan pernah langsung membandingkan mesinnya. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah turun dan push kendaraan ke tempat yang aman.
          Mengapa tidak bisa langsung kencan mesin?
          Ketika Anda berada di saluran gas dan Anda langsung membayar mesinnya, sangat dikhawatirkan sistem pengapian kendaraan. Akibat buruknya, kendaraan Anda akan terbakar di tempat.
          Nah , itu dia berbagai hal yang harus disiapkan dan dicatat saat hujan. Pada intinya, jangan pernah sepelekan hal kecil agar Anda bisa selamat dan selamat sampai tujuan.
          Dengan menerapkan semua hal yang telah di atas, Anda dapat memastikan bahwa Anda akan aman saat hujan.
          Jika kita bisa meminimalisir kecelakaan, maka kita akan membuat semua anggota keluarga menjadi tenang.
          Ingin melindungi keluarga, teman, dan orang lain yang terkasih saat mereka berkendara di hujan? Mudah. Sebarkan / bagikan saja artikel ini di media sosial Anda!
          Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

          Alamat Kantor:
          Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
          idoarjo
          (Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
          Firmansyah
          Tlpn/Sms/Wa
          0811.356.3354 
          / 0851 0327 9354 (Telkomsel)
          0857.0601.2354  (Indosat)