Cara Memperbaiki Aki
Kering Motor, di zaman teknologi yang modern ini khususnya dalam bidang
otomotif selalu menggunakan aki kering sebagai penyuplai sumber daya listrik DC
(direct current) baik bagi motor ataupun sepeda motor.
Aki kering bisa
disebut dengan aki MF Battery (battery maintenance free),
sebab dengan menggunakan aki kering kita lebih mudah melakukan perawatan dan
peletakannya juga bebas diposisikan miring atau tegak tidak akan jadi masalah.
Aki kering dan aki
basah sebenarnya memiliki fungsi yang sama yaitu dari segi kapasitas ampere
mulai dari yang tinggi sampai rendah dan perbedaannya hanya dari segi
efisiennya saja. Akan tetapi jika dibandingkan dengan aki basah, aki MF
memiliki keunggulan yang cukup bagus karena bahan materialnya menggunakan
sparepart khusus yang tahan terhadapa korosi. Tetapi kalau dilihat dari harga
aki kering sedikit lebih mahal dibandingkan dengan aki basah.
Perlu kita ketahui
bahwa ketika memakai aki kering, kita juga perlu belajar cara untuk
memperbaikinya. Karena tanpa mengetahuinya kita akan mengeluarkan biaya yang
sangat mahal untuk perbaikan aki. Hal yang perlu di perhatikan sebelum
melakukan perbaikan atau service aki adalah menyiapkan beberapa alat dan bahan
yang akan digunakan. Alat dan bahan nya pun tidak rumit dan sangat mudah di
dapatkan. Berikut beberapa alat dan bahan yang perlu di persiapkan :
·
Cairan Accu
·
Obeng
·
Kain Lap
·
Lem Plastik
·
Suntikan Plastik/ SPED
Carilah cairan aki
yang baru dan biasanya digunakan untuk mengisi aki baru. Karena biasanya
komposisi air aki berbeda dengan yang digunakan untuk penambah aki. Memakai
suntikan bekas tinta printer atau bekas yang lain juga diperbolehkan. Setelah
alat dan bahan siap, berikut langkah langkah cara memperbaiki aki
kering. (baca juga : keluarnya
asap pada motor )
Cara Memperbaiki Aki
Kering Motor :
1. Membongkar Aki
Aki yang akan
diperbaiki sebaiknya dibersihkan dahulu. Bersihkan bagian luar pada aki,
sehingga kotoran atau material yang menempel pada aki hilang. Cara
membersihkannya cukup dengan kain lap yang sudah disediakan. Sesudah
membersihkan, saatnya membuka aki tersebut.
Cara membukanya cukup
mudah dengan menggunakan obeng. Congkel lah bagian tutup aki sampai terbuka.
Memang butuh tenaga untuk mencongkel aki, apalagi tutup pada aki sulit untuk
dibuka. Yang terpenting pada saat proses membuka aki jangan sampai pecah, rusah
sehingga mengakibatkan aki bocor.
Dan jika sampai rusak
akan sulit untuk menggantinya karena sparepart nya juga tidak ada. Bisa juga
dilakukan dengan modifikasi akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama dan
kurang efisien.
2. Mengisi Air Aki
Selanjutnya sesudah
tutup aki terbuka siapkan suntikan dan juga kain lap yang telah di sediakan.
Pada saat akan mengisi aki cek terlebih dahulu aki anda. Pastikan sudah membuka
bagian lubang karet pada aki. biasanya ada sekitar 3-10 lubang karet tergantung
kapasitas amperenya.
Semakin banyak lubang
karet semakin besar kapasitas amperenya dan terdapat banyak sel di dalamnya.
Untuk cara pengisiannya adalah, siapkan air aki dan buat air aki pada suntikan.
Lalu jika sudah masukkan suntikan yang berisi air aki ke dalam lubang karet
pada aki dengan jarak hingga 1cm dibawah lubang. Lakukan pengisian sampai
merata dan usahakan penuh.
Jika sudah tutup rapat
bagian lubang karet dan pastikan tidak mudah dibuka kembali. Cek bagian aki
yang sudah diisi kemudian usahakan tertutup dengan rapat dan tidak ada
kebocoran pada aki. Setelah proses pengisian aki selesai, pasang kembali tutup
aki sehingga aki terlihat seperti baru. Pastikan pemasangan tutup dengan rapat.
Jika pada tutup terdapat retak atau sedikit kerusakan bisa di rekatkan dengan
lem plastik yang sudah anda sediakan.
3. Mengisi Daya
Listrik Aki
Proses selanjutnya
yang akan dilakukan adalah mengisi tegangan daya atau bisa jug disebut memberi
setrum pada aki. Proses ini merupakan proses pengisian daya, sama hal nya
ketika kita mengecas hp atau laptop dengan adaptor. Akan tetapi selain itu juga
ada lagi pengisian aki menggunakan aki motor. Jadi ada 2 cara yaitu dengan cas
aki dan menggunakan aki motor lain.(baca juga : penyebab sepeda
motor boros)
·
Mengisi
Aki dengan cas aki
Yang pertama adalah
cara mengisi aki dengan menggunakan cas aki. Menggunakan cas adaptor aki memang
sangat efisien dalam pengisian daya nya. Alat ini sama hal nya denga trafo yang
digunakan pada cas hp atau laptop. Akan tetapi pada cas aki daya dan kapasitas
amperenya pasti lebih besar.
Alat sudah banyak
dijual oleh penjual aki dan banyak digunakan oleh jasa setrum aki dan
tukang service aki. Caranya sama dengan proses pengecasan seperti yang anda
lakukan pada hp dll. Lebih bagusnya ketika memakai cara ini ialah terdapat
indikator jika daya sudah terisi penuh pada aki dan aki siap untuk
digunakan. (baca juga : kelebihan ban
yang diisi dengan nitrogen )
·
Jamper
pada Aki Motor
Selanjutnya adalah
cara jamper pada aki motor lain. Perlu di ketahui bahwa jika menggunakan cara
ini harus melihat sumber daya aki yang dipakai dalam keadaan prima. Caranya
lakukan dengan menjamper aki dan nyalakan motor kendaraan anda. Nyalakan mesin
kurang lebih dalam waktu 30 menit sampai 1 jam.
Menggunakan cara ini
memang tidak se efisien dengan menggunakan cas. Dengan jamper pada aki motor
lain, paling tidak ada daya awal untuk aki yang akan diisi sebelum digunakan
pada kendaraan anda. Setelah anda isi dan anda pasang pada motor anda, usahakan
juga melakukan pemasan mesin motor dalam posisi stasioner sebelum anda
menggunakan perangkat lain pada motor anda agar posisi aki yang digunakan
stabil.
Aki kering yang saat
ini sering digunakan pada motor kendaraan memang terkenal anti perawatan,
tetapi semua hal pastinya mempunyai masa aktif atau jangka waktu penggunaan.
Salah satu untuk melihat jangka waktu aki ini dengan cara mengecek secara rutin
dalam hal kebersihannya. Sebagus apapun aki yang kita punya jika tidak di jaga
akan cepat rusak.
Menjaga kebersihan aki
secara rutin perlu dilakukan kemudian usahakan sebelum memakain kendaraan
pastikan untuk melakukn pemanasan terhadap mesin kendaraan. Hal ini berlaku
bagi semua kendaraan baik motor maupun sepeda motor yang menggunakan aki kering
atau aki MF khusunya. Cek juga sekering kendaraan, baik dalam penataan
kabelnya. Kalau sedikit saja terlihat kacau maka akan menimbulkan konsleting
pada motor kendaraan anda.
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobil, sewa mobil, kursus mengemudi mobil, tempat belajar mobil, private mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI
Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha Sidoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0821.3979.3354 / 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354 (Indosat)
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha Sidoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0821.3979.3354 / 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354 (Indosat)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar