Tips Mendinginkan Suhu Kabin Di Waktu Musim Panas



Musim kemarau identik dengan hawa yang sangat panas pada lingkungan di sekitar kita. Suhu pada kabin mobil juga tak luput dari panas walaupun di mobil tersebut ada fasilitas AC sehingga sobat menjadi tidak betah berada di dalam mobil. Belum lagi dengan efek rumah kaca yang membuat suhu pada kabin mobil kian panas. Berikut tips untuk mendinginkan kabin mobil di saat musim panas:
  1. Tempatkan mobil di tempat yang teduh dan sejuk
    parkir di tempat yang teduh membuat mobil terhindar dari radiasi panas dan sinar ultraviolet. Dengan menempatkan mobil di tempat yang teduh secara tidak langsung, sobat akan mengurangi penggunaan AC.
  2. Bukalah sedikit kaca mobil
    Bukalah kaca mobil setinggi 5-10 cm. Dengan membuka kaca, aliran udara dalam mobil menjadi seimbang.
  3. Gunakan kaca film
    Kaca film ternyata dapat mengatur suhu panas dan sinar ultraviolet yang hendak masuk ke dalam mobil.
  4. Nyalakan AC apabila mobil di parkir pada tempat yang panas
    Jika sobat memarkir mobil di tempat yang tidak teduh atau panas, sebaiknya sobat menyalakan AC dan membuka sedikit kaca untuk pergantian udara.
  5. Gunakan pelindung kaca
    Pelindung kaca depan juga dapat mengurangi panas yang berlebihan dalam dashboard depan.
  6. Gunakan jok kulit kualitas tinggi
    Jok kulit dengan kualitas tinggi akan menyerap lebih banyak panas. Sobat Pusat Teknologi akan merasa nyaman duduk di atas jok walaupun udara di luar panas.
  7. Selalu cek level cairan pendingin
    Jika level cairan pendingin coolant pada mobil berkurang, segera tambahkan cairan hingga penuh.
Nah, itu tadi 7 tips menjaga suhu kabin mobil di saat musim panas agar kabin mobil menjadi dingin, sejuk dan nyaman untuk ditempati. Semoga bermanfaat!

Teknik Aman Mengemudi Di Malam Hari.



Anda akan merasakan teknik mengemudi yang berbeda dalam mengemudi mobil di malam hari dengan siang hari. Anda membutuhkan Teknik Aman Mengemudi Di Malam Hari agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan. Ada beberapa teknik aman mengemudi yang harus diperhatikan bila anda ingin tetap aman saat mengendarai mobil di malam hari.

Kondisi fisik pengemudi
Pengemudi memerlukan teknik aman mengemudi yang tinggi saat mengemudi di malam hari karena malam hari mempunyai jarak pandang yang lebih rendah (kondisi yang gelap).
Kondisi mobil
Selain kondisi kesehatan anda sendiri, anda harus menyadari kondisi mobil anda juga. Anda harus memastikan bahwa lampu mobil benar-benar berfungsi dengan baik sehingga pengemudi lain dapat melihat mobil anda di malam hari.
Kondisi khusus
Selalu ada kemungkinan bahwa mobil anda akan mengalami kerusakan di jalan dan jika hal ini terjadi pada malam hari, anda harus tetap dalam kondisi tenang sehingga dapat memastikan keamanan dan anda bisa kembali sampai tujuan. Anda harus memberikan tanda seperti segitiga pengaman yang diletakkan di belakang dan di depan mobil anda agar pengemudi lain dapat mengetahui ada mobil berhenti karena mengalami kerusakan, atau anda dapat menyalakan lampu hazard.
Dari kondisi-kondisi diatas dapat sebagai teknik aman mengemudi di malam hari. Selain itu, anda dapat mengurangi kecepatan di malam hari dan menjaga jarak aman terhadap mobil di depan, sehingga anda dapat menghindar dan menguasai mobil dengan baik bila ada dalam kondisi yang tidak diinginkan.

Pengemudi Mobil Manual Beralih Ke Matik Sebaiknya Kursus Dulu



Surabaya – Mobil matik dan mobil manual memiliki perbedaan yang signifikan. Pengemudi yang hendak beralih menggunakan mobil bebas kopling ini sebaiknya kursus  kembali.
“Mungkin pemerintah bisa memberlakukan jika seseorang akan beralih dari mobil manual ke mobil matik, harus kursus  lagi,”
Apakah harus ada SIM khusus untuk memegang mobil matik? “Ya, itu bisa jadi alternatif untuk mengurangi kecelakaan,” katanya.
Frans mengatakan, seseorang membutuhkan waktu untuk untuk beradaptasi dengan mobi matik. Meskipun dia sudah berpengalaman puluhan tahun menyetir mobil manual.
Namun tidak ada batasan waktu tertentu untuk bisa memastikan seseorang bisa mahir mengendarai matik. “Tergantung orangnya juga, ada yang baru sebentar pegang langsung bisa, tapi ada juga yang lama,” kata Frans.
Yang terpenting, pengemudi matik sebaiknya membiasakan diri dulu sebelum benar-benar membawa mobil matik seorang diri. “Untuk pertama-tama, perlu pendamping,” kata Frans.
Frans  juga memberi sedikit tips untuk Anda yang ingin beralih atau belajar mengendarai mobil matik. Setiap pengendara tidak boleh arogan, sombong, percaya diri berlebihan dan merasa menyetir di zona yang aman.
“Kalau kita sudah merasa begitu, maka otomatis kita akan lengah dan tidak waspada. Itu yang berbahaya,” katanya.
Selain itu, pengemudi jangan panik jika terjadi sesuatu. Karena jika panik, pengemudi bisa saja salah menginjak pedal. “Seperti yang terjadi di Cibubur kan dia salah injak rem keliru pedal gas,” katanya.
Kecelakaan mobil matik berulang kali terjadi. Yang terbaru, peristiwa di Cibubur Junction yang menewaskan seorang bocah. Mad Hani, sopir Honda City yang celaka itu mengaku baru.

Menjaga Dan Merawat Mobil Di Musim Hujan



Menjaga dan merawat mobil pada musim penghujan sangatlah penting sekali. Sebab musim hujan merupakan musim dimana pada umumnya mobil menjadi cepat rusak.
Sebab air hujan mengandung garam yang nantinya dapat merusak permukaan cat mobil. Dan bila dibiarkan begitu saja tanpa dicuci dengan air bersih akan dapat menyebabkan munculnya karat pada permukaan mobil serta menjadi tampak kusam. Beberapa tips merawat mobil dalam musim penghujan, yaitu:
  • Selalu memeriksa saringan saluran tangki bahan bakar. Hal ini untuk memastikan apakah ada kebocoran atau ada lubang yang dapat menjadi jalan masuknya air agar nantinya bahan bakar tidak tercampur dengan air.
  • Memeriksa bagian penutup sistem elektrik pada mobil. Pastikan agar air tidak dapat menerobos masuk karena bila nanti ada air yang masuk akan membuat mobil mebjadi mogok karena arus pendek.
  • Setelah mobil terkena hujan, langsung cuci permukaan mobil. Jangan menunggu sampai kering.
  • Semprotkan semprotan silikon secara rutin dan berkala pada semua bagian mobil yang terbuat dari kaca dan karet.
  • Menggunakan Contact Cleaner dalam merawat mobil anda.
  • Gunakan pelumas secara berkala pada bagian engsel pintu agar tidak mudah berkarat karena air hujan.
  • Meletakkan mobil yang sudah dalam keadaan kering di dalam bagasi atau ruangan tertutup, agar tidak terkena air hujan baik setelah dicuci maupun sebelum terkena hujan.
  • Melapisi lantai bagian dalam mobil dengan menggunakan koran. Cara-cara diatas ini juga dapat terus anda terapkan meskipun di dalam kondisi tidak hujan atau bukan musim penghujan. Agar kondisi mobil selalu baik dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.
Cara-cara diatas juga dapat diapklikasikan pada berbagai macam jenis kendaraan lainnya sebagai perawatan rutin kendaraan anda.

Mengurangi Stres Di Saat Mengendarai Mobil Matic



Kondisi lalu lintas di Surabaya dan kota-kota besar di Indonesia dari hari ke hari kondisinya makin parah.Dalam lalu lintas tersebut, menggunakan transmisi otomomatis jauh lebih nyaman dan tidak ribet. Faktor utama yang mendorong produsen mobil melengkapi produk mereka dengan varian transmisi otomatis (matic) tidak lain adalah kemudahan dan kenyamanan.
Terutama ketika jalan berada dalam kondisi buruk, driver tidak perlu lagi repot-repot untuk mengendalikan tiga pedal. Matic karena mobil ini hanya digunakan hanya dua pedal, yaitu rem dan gas.
Saat ini, mobil telah mengunakan transmisi otomatis mudah ditemukan di Indonesia, mulai dari yang termurah sampai yang berharga miliaran rupiah. Namun, bukan berarti mereka sudah mahir mengemudikan transmisi manual, dengan transmisi matic biasa langsung mengendarai. Pada saat run pertama secara otomatis mengirimkan mobil mungkin tidak begitu mudah, tapi bisa dipelajari dengan cepat.

Sebelum mengemudi, pengemudi harus mengetahui tulisan yang ada pada tuas persneling. Hal ini sangat penting karena menyangkut pengendalian kendaraan. Transmisi otomatis umumnya memiliki pilihan posisi tuas dalam enam fungsi, yakni P, R, N, D 2, dan L.
P Mode (parkir, park) digunakan sebagai parkir kendaraan dan menyalakan mesin. Untuk menggunakan P harus menunggu sampai mobil berhenti sepenuhnya. Jika mobil masih berjalan, dan transmisi dipaksakan ke posisi P, maka transmisi akan rusak. Tuas gigi di posisi R artinya mobil siap untuk berjalan mundur atau reverse.

Ketika digunakan harus dipastikan dalam kondisi untuk menghentikan mobil. Selanjutnya, posisi N berarti mobil dalam kondisi netral. Umumnya digunakan ketika memulai mesin atau saat berhenti di lampu merah. Pada posisi transmisi N sangat dianjurkan untuk mengaktifkan rem darurat karena mobil masih bisa bergerak.

Untuk memulai kendaraan, pengemudi harus memindahkan tuas persneling ke posisi D yang berarti drive. Roda gigi persneling otomatis akan beralih dari satu ke posisi tertinggi sesuai kecepatan mesin. Jika kendaraan melalui jalan-jalan turun atau menanjak, Anda harus memindahkan tuas ke posisi 2 atau lebih rendah .

Dalam posisi ini, terapkan mesin tidak perlu sering istirahat sehingga rem. Switching gigi otomatis hanya terjadi pada gigi satu dan gigi dua. Karena itu jangan kecepatan melebihi 40 km per jam. Rendah tuas gigi L atau dapat digunakan ketika kendaraan menelusuri tanjakan curam curam atau turunan, seperti jalan gunung.

Dalam posisi ini, jangan drive kecepatan kendaraan melebihi 20 km per jam untuk mesin diesel dan 30 kilometer per jam untuk mobil berbahan bakar bensin. Alasannya, posisi L berarti transmisi bekerja pada posisi gigi satu saja. Sekarang, jika Anda sudah mahir menggunakan gigi matic, dijamin Anda akan bersenandung sendiri, transmisi matic tampaknya menggunakan jauh lebih baik dari manual dan bisa mengurangi stres di jalanan