Ganti ban mobil ? Kapan sih ? Berikut Beberapa Tanda Kalo Ban Anda Perlu Diganti

1: Ban Sering Kempes


Jalan Jalan yg ada sekarang sungguh tidak bisa diprediksi. Banyak sekali orang usil yang menebar paku di jalanan agar ban kendaraan orang rusak, bocor dan kadang banyak lubang. Hal ini pun sulit untuk dihindari, apalagi Anda yang mengendarai mobil.
Bila ban mobil Anda sudah sering kempes dan bolak-balik ditambal, lebih baik lakukanlah penggantian. Kondisi demikian membuat kekuatan ban untuk menahan beban semakin berkurang. Bukan hanya menghabiskan banyak uang, mobil pun bisa celaka bila hal ini dibiarkan terus-menerus.

2: Permukaan Ban Mulai Retak-Retak


Kondisi yang panas ternyata dapat membuat permukaan ban pecah-pecah alias retak. Sebenarnya kondisi ini dapat dihindari apabila ban kerap diberi cairan khusus dan dicuci. Tapi banyak yang tidak sadar hingga akhirnya ban rusak.
Bila hal ini terjadi, solusinya adalah dengan ganti ban mobil sesegera mungkin. Setelah diganti, jangan lupa untuk merawatnya agar kondisi ban tetap lentur. Selain itu, sebisa mungkin jangan membiarkan mobil terus-menerus terpapar sinar matahari, karena Ban adalah salah satu hal yg riskan untuk berkendara.

3: Jika Permukaan Benjol Ganti Ban


Satu hal lagi mengenai jalanan di kota-kota Indonesia, banyak yang berlubang! Hal ini kadang tak bisa dihindari oleh pengendara dan malah kerap “dihajar” dalam kecepatan tinggi. Kebiasaan seperti itu pun dapat membuat ban mobil rusak dan menggelembung alias benjol.
Kondisi benjol ini diakibatkan oleh putusnya kawat yang terjalin di dalam ban. Ban yang terus dibiarkan seperti ini berpotensi mengalami pecah dan membahayakan Anda sebagai pengendara. Maka itu, bila hal ini terjadi segeralah ganti ban mobil Anda.

4: Ban Sudah Menipis Permukaannya


Ganti ban mobil wajib dilakukan bila permukaannya telah semakin menipis. Kondisi seperti ini bisa Anda ketahui dengan mudah tanpa harus melakukan pengecekan ke tukang tambal ban atau bengkel. Anda cukup mengecek indikator tread wear indicator (TWI) yang tersedia pada setiap unit ban.
Apa itu TWI? TWI merupakan penunjuk batas wajar keausan sebuah ban yang tertera di permukaannya. Ada pabrikan yang menuliskan indikator tersebut berupa tulisan “TWI” ada pula yang menggunakan simbol khusus seperti segitiga atau persegi.
Nah, bila permukaan ban sudah menyamai posisi indikator TWI, itulah waktunya untuk melakukan ganti ban mobil

5: Odometer 40 ribu KM Standard Penggantian Ban


Salah satu acuan yang sering digunakan mengenai kapan sebaiknya ganti ban mobil adalah dengan melihat jarak tempuh mobil itu sendiri. Angka odometer yang sering digunakan adalah di 40 ribu kilometer. Jika kita anggap pemakaian wajar mobil adalah 15 ribu kilometer per tahun, berarti diperkirakan ban harus diganti setiap 3 tahun sekali.
Dilansir dari situs michelinman.com, saat melakukan penggantian ban, Anda juga perhatikan usia ban tersebut. Meskipun dalam kondisi baru dan bagus, jika usia ban sudah mencapai 10 tahun, ban bisa dibilang sudah kadaluarsa. Kenapa? Seiring waktu, kondisi lingkungan tempat penyimpanan ban akan mempengaruhi fleksibilitas karet ban dan ban akan cenderung mengeras
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

Beberapa langkah Melakukan Test Drive Pada Mobil1: Atur Posisi

1: Atur Posisi Duduk

Untuk melakukan test drive dengan baik, pastikan Anda mengatur posisi duduk dan setir yang sesuai dan nyaman ketika digunakan. Atur juga posisi setelan naik turun setir agar pas pada posisi badan dan tangan. Dengan mengatur posisi, Anda juga sekaligus memastikan fungsi fitur tersebut masih bekerja dengan baik.

2: Nyalakan Mesin Mobil

Sebelum menyalakan mesin, jangan langsung men-starter mobil, melainkan tinggalkan pada posisi “ON” terlebih dahulu dan perhatikan lampu indikator yang menyala ketika kita kunci kontak "ON". Pastikan lampu-lampu mati, barulah anda starter mobil. Apabila ada lampu indikator yang tetap menyala, berarti ada masalah pada mobil yang perlu diperbaiki oleh mekanik.

3: Bunyi Mesin Di Perhatikan

Setelah mesin menyala, buka kaca jendela pengemudi mobil dan dengarkan bunyi mesin secara seksama dan pasti, pastikan suara mesin normal dan tidak ada bunyi yang tidak wajar. Hal ini penting dilakukan saat mesin masih dingin, karena mesin yang masih dingin yang sering mengeluarkan bunyi-bunyi yang bisa menjadi indikasi ada masalah pada mesin.

4: Periksa Transmisi

Periksa kinerja transmisi sebelum menjalankan mobil. Untuk transmisi automatic, pindahkan transmisi ke setiap posisi yang ada. Pastikan tidak ada jeda yang lama atau sentakan yang keras setiap perpindahan transmisi.
Untuk transmisi manual, pastikan perpindahan tidak “slip” atau tersangkut, dan kopling tidak terasa dalam saat diinjak

5: Melakukan Test Drive

Setelah memeriksa transmisi, kenakan sabuk pengaman, kemudian jalankan mobil. Biarkan kaca jendela pengemudi terbuka agar Anda bisa memperhatikan secara seksama bunyi-bunyi yang tidak wajar selama test drive. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan/dilakukan:
  • Cek fungsi kaki-kaki dengan melewati jalan yang tidak rata
  • Perhatikan apakah rem berfungsi normal atau tidak
  • Belokkan setir ke kiri dan kanan, pastikan tidak terdapat bunyi, berat, atau bantingan kurang enak
  • Lepaskan setir sesekali apakah condong ke kiri atau ke kanan untuk mengetahui kinerja setir tersebut
  • Pastikan perpindahan transmisi tidak berat, telat atau tidak bertenaga

6: Perhatikan Kembali Lampu Indikator

Setelah melakukan test drive, matikan mesin, tunggu beberapa menit, dan cobalah menyalakan mobil lagi. Perhatikan apakah lampu indikator ada yang menyala. Hal ini perlu dilakukan karena masalah-masalah tersembunyi bisa kembali muncul setelah kendaraan dibawa jalan.

Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

8 Tips Jitu Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bekas

Pada umumnya, kekhawatiran orang awam yang ingin membeli mobil bekas adalah mereka kurang paham soal mesin mobil. Saat membeli mobil bekas di showroom, banyak orang juga hanya mementingkan penampilan luar yang rapi dan mengkilat, padahal kondisi mesin adalah salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas.

Lalu bagaimana cara mengetahui kondisi mesin mobil bekas? Ikuti 8 cara mengecek mesin mobil bekas berikut dari kami:

1: Ruang Mesin
Buka kap mesin dan periksa di sekeliling ruang mesin apakah terdapat cat yang terlihat relatif baru dibandingkan dengan yang lain, di situ nanti akan terlihat apabila ruang mesin pernah di cat. Ruang mesin yang pernah di cat merupakan indikasi bahwa mesin pernah diturunkan. Sebab nya bisa berbagai macam, seperti karena bekas tabrakan atau karena mobil tersebut bekas kena banjir dan sebagainnya.

2: Kondisi Mesin
Pastikan tidak ada kebocoran oli atau bahan bakar, dan juga perhatikan kondisi fisik mesin.  Mobil yang terawat ialah mobil yang bebas dari kebocoran pada mesin ataupun selang-selang.Cara mengetahuinya cukup mudah, amati satu per satu bagian mesin mobil dan pastikan tidak ada rembesan oli atau cairan lainnya. Perhatikan pula baut dan mur yang ada. Bila ada baut baru atau baut yang bagian ujungnya cacat, tanyakan ke pedagang atau pemilik yang menjualnya. Biasanya pedagang yang nakal akan berupaya menutupi kerusakan ini dengan cara mencuci mesin mobil supaya tidak terlihat kalau ada oli yang rembes.

3: Starter Mobil
Pastikan suara mesin mobil masih halus dan konstan saat mesin stasioner atau saat dihidupkan tanpa hentakan gas dan peranti audio dan AC di-nonaktifkan.

Mobil yang sehat atau terawat saat distarter dari keadaan dingin langsung konstan menyala dan tidak tersendat-sendat. Jika tersendat, kemungkinan aki mobil bermasalah atau mobil tersebut jarang diservis secara berkala sehingga ada kotoran yang menyumbat kinerja mesin

4: Indikator & SpeedoMeter
Saat menghidupkan mesin, perhatikan setiap lampu indikator apakah ada yang menyala. Banyak lampu indikator kondisi mesin pada dashboard seperti oli dan temperatur, pastikan tidak ada yang menyala. Coba gas secara perlahan, lalu lepas dan perhatikan turun nya jarum RPM. Pastikan jarum RPM stabil turun naik. Jika tidak stabil, berarti mesin mobil tersebut bermasalah.

5: Suara Mesin
Perhatikan suara mesin saat pertama kali mesin dihidupkan dari keadaan mesin dingin. Dengarkan apakah ada suara yang tidak wajar keluar dari mesin. Contoh suara yang dapat dikategorikan tidak wajar seperti: suara gesekan plat besi, suara ketukan dari dalam mesin saat digas.

6: Getaran Pada Mesin
Buka kap mesin, perhatikan apakah ada getaran yang tidak wajar atau tidak seirama. Apabila iya, mesin bisa dikatakan dalam keadaan “pincang”, yang bisa terjadi karena masalah pada engine mounting atau juga sistem kelistrikan yang tersendat.

7: Gas Buang (Knalpot)
Lihat ujung knalpot, perhatikan gas buang mobil apa ada yang tidak wajar keluar dari knalpot. Tanda-tanda atau bekas hasil pembakaran di mesin yang ada di ujung knalpot memberikan petunjuk yang cukup akurat tentang kondisi mobil tersebut. Contoh:

Asap knalpot berwarna hitam – Indikasi pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna.
Asap knalpot berwarna putih – Indikasi terdapat campuran oli di dalam ruang pembakaran mesin.

jika ada beberapa tetesan air pada knalpot merupakan hal yang wajar dan merupakan tanda mesin mobil masih bagus.

8: Test Drive
Disarankan jangan terburu-buru saat melakukan test drive, banyak masalah terjadi ketika mesin mobil sudah panas dan digunakan untuk perjalanan agak lama. Pada saat test drive hal yang harus diperhatikan antara lain adalah performa mesin, kenyamanan perpindahan transmisi dan performa rem.

Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

Inilah Cara Mengoper, Memindahkan Gigi Mobil Manual Untuk Pemula

hampir semua orang ingin sekali bisa mengendarai mobil dengan baik dan benar, dan bisa dilihat juga sekarang ini memang marak sekali kursus mobil yang bermunculan dan menggunakan tarif yang bersaing antara 200ribu sampai dengan 1juta, memang  mengendarai mobil itu bukanlah hal yang mudah untuk pemula karena mobil memiliki ukuran yang besar dan jarak pandang yang terbatas, maka dari itu memang faktor penyesuaian perlu dilakukan agar anda bisa mengendarai mobil, apalgi jika anda melewati gang yang cukup sempit pastinya itu akan sangatlah sulit karena anda harus bisa memperkirakan bagian kanan dan juga kiri mobil agar tidak menyentuh tembok ataupun benda lain di sekitar anda
nanti dulu sebelum kita melanjukan ke pembahasan yang agak serius lagi, mungkin anda benar-benar masih pemula dan belum tahu cara mengoper, memindahkan gigi mobil manual, memang untuk anda yang baru pernah mengendarai mobil melihat presnelengya cukup membingungkan karena sangat berbeda sekali dengan motor yang hanya di tekan kedepan atau ke belakang saja, mobil secara umum memiliki 6 buah gigi, 5 gigi untuk maju dan 1 gigi lebihnya untuk gigi mundur, dan gigi mundur biasanya digunakan ketika parkir atau mungkin berpapasan di gang sempit
Gigi 1 digunakan ketika berjalan dan di jalanan yang menanjak, dan gigi dua ketika anda ingin menambahkan kecepatan sampai dengan gigi 5, Dan tidak usah berlama-lama lagi mari ke pokok pembahasan kita sekarang ini mengenai cara mengoper, memindahkan gigi mobil manual

Cara Mengoper, Memindahkan Gigi Mobil Manual

untuk mengoper gigi pada mobil manual pertama kali yang harus anda lakukan adalah sikap tenang dan juga jangan grogi, untuk anda yang sudah mengerti penggunaan kopling walaupun hanya di motor itu bisa menjadi nilai + karena memang hampir sama saja dan anda bisa lebih cepat untuk menguasainya, yang pasti pada saat mengoper gigi baik itu menurunkan atau menambahkan gigi anda harus menekan kopling anda

Gigi Netral

Gigi netral ini terletak di tengah-tengah , jika posisi mobil dalam keadaan netral anda mau menginjak gas sedalam apapun mobil tidak akan berjalan, anda bisa memastikan gigi mobil anda netral dengan cara menggeser tuas transmisi kekanan dan kekiri, jika tuasnya bisa dengan leluasa bergeser ke kanan dan kekiri itu menandakan gigi di mobil anda netral
Gigi 1
Untuk memasukan gigi satu anda perlu menggeser tuas transmisi ke kiri sampai mentok, kemudian mendorongnya ke atas, maka anda sudah berhasil memasukan gigi 1
Gigi 2
Apabila anda ingin memasukan gigi 2 dan posisi saat ini di gigi 1 maka anda hanya perlu menahan transmisi di bagian kiri dan menariknya ke bawah
Gigi 3
Lalu lanjut masuk ke gigi 3, jika posisi sekarang ada di gigi 2 anda perlu mendorong transmisi ke atas sedikit namun jangan terlalu atas karena akan kembali masuk ke gigi 1, lebih tepat menariknya ke tengah dan menggeser tranmisi sedikit kekanan lalu dorong keatas
Gigi 4
Dan untuk masuk ke gigi 4 , perpindahan dari gigi 3 anda hanya perlu menarik transmisi tersebut ke bawah saja, tidak perlu digeser ke kanan dan kiri karena akan secara otomatis masuk ke gigi 4
Gigi 5
gigi 4 ini adalah gigi tertinggi yang digunakan untuk kecepatan maksimal, cara memasukannya jika anda dalam posisi di gigi 4 anda hanya perlu mendorong transmisi sedikit ketengah pada posisi netral, lalu geser ke kanan dan dorong keatas maka anda masuk dalam gigi ke 5
Gigi Mundur (R)
Untuk memasukan gigi mundur, bila anda pada posisi netral anda bisa mendorong transmisi ke kanan ,kemudian anda menariknya kebawah , jika mobil anda sudah dilengkapi dengan kamera atau sensor parkir biasanya setelah gigi mundur masuk semua sensor akan aktif, kamera akan menyala dan juga sensor parkir juga akan berbunyi
untuk anda yang masih baru belajar, lebih baik anda mencobanya dalam keadaan mesin mobil mati karena akan berbahaya jika mesin mobil hidup dan anda belajar tanpa pendamping, jangan lupa injak pedal kopling agar anda bisa memindahkan transmisi dengan mudah
Dan itulah Cara Mengoper, Memindahkan Gigi Mobil Manual semoga cara yang kami jelaskan sekarang ini bisa bermanfaat dan memudahkan anda yang baru belajar mengemudi mobil, ini memang langkah awal agar anda bisa mengemudi, usahakan hafalkan semua posisi gigi agar anda bisa memindahkan gigi dengan cepat dan benar
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

Mengemudi Truk ? Ada aturannya loh !

Mengemudikan sebuah truk memang nggak bisa dibilang mudah. Kendaraan pengangkut itu tidak bisa Anda jalankan seperti mobil biasa tetapi karena truk mempunyai bobot yang berat dan ukuran yang besar maka dari itu Beberapa hal perlu diperhatikan agar truk bisa dikendarai dengan aman.
Hal pertama yang harus diperhatikan pengemudi sebelum mengendarai truk mereka adalah untuk melakukan pemeriksaan pra-perjalanan. Sebuah pemeriksaan pra-perjalanan melibatkan gambaran dasar dari truk. Ini akan mencakup fungsi dari mesin. Level pendingin dan transmisi juga harus diperiksa. Pun perlu memeriksa rem, lampu termasuk lampu sinyal, wiper kaca depan, dan lain-lain yg dirasa penting selama perjalanan.
Pada pengangkutan kargo, pastikan barang bawaan dijamin dan dilindungi dengan cara yg paling baik. Dengan cara diblokir, diikat, dirantai atau kombinasi keduanya. Untuk kargo yang memerlukan penggunaan terpal, pastikan ada dan siap digunakan. Truk cenderung untuk terguling dalam beberapa kecelakaan, sehingga mengamankan muatan adalah hal yang sangat penting.
Untuk keselamatan di jalan, yg paling utama, selalu kencangkan sabuk pengaman. Selalu memberikan ruang yang cukup antara truk dan kendaraan depan, karena truk tidak bisa berhenti cepat dan juga karena truk membutuhkan jarak yang lebih jauh untuk bisa berhenti dengan aman. Selalu menggunakan sinyal lampu berkedip. Pengemudi lain tidak tahu apa niat pengemudi, kecuali pengemudi memberitahu mereka. Menggunakan sinyal memungkinkan pengemudi lain mengerti jika Anda sedang berhenti, istirahat, dan lain lain.
Berhati – hati pada konstruksi jalan, kemacetan, dan bahkan kecelakaan. Sopir truk sering memiliki visibilitas yang terbatas dan lebih rentan terhadap blind spot. Namun, ini dapat diminimalkan jika dicegah oleh penempatan yang tepat dari kaca spion. Sopir perlu tahu cara mengemudi dalam kondisi cuaca buruk. Angin kencang, hujan lebat sering menyebabkan terjadinya kecelakaan. Pengemudi juga patut tahu kapan harus berhenti mengemudi jika bahaya dirasakan. Lebih baik untuk hati-hati daripada mengambil resiko yang tidak diketahui.
Selanjutnya, sopir harus selalu memiliki telepon seluler atau beberapa jenis lain dari perangkat komunikasi yang dapat mereka gunakan untuk berhubungan dan melapor terhadap kondisi jalan. Hal ini penting untuk dapat melaporkan jika kecelakaan. Sopir juga harus tahu bagaimana cara menyeimbangkan beban mereka dan mengikuti peraturan berat maksimal pada truk yang dikemudikan. Hal ini sangat penting untuk menjadi akrab dengan rute yang dilalui sehingga dapat dengan aman melakukan perjalanan.  Ketika sopir mengemudikan truk dengan aman, ia tidak hanya melindungi dirinya sendiri, tetapi juga hidup orang lain.
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

TIPS MENYETIR MOBIL JARAK JAUH YANG AMAN, NYAMAN, SELAMAT SAMPAI TUJUAN

Lebaran 2018 sudah semakin dekat, kegiatan mudik atau pulang ke kampung halaman merupakan hal yang sudah dinanti-nantikan. Mudik kerap identik dengan perjalanan jauh, sebab banyak orang luar Pulau Jawa yang merantau ke Jakarta. Tentunya ketika Anda akan menempuh perjalanan jauh harus ada persiapan yang matang, seperti persiapan fisik dan perlengkapan kendaraan. Hal ini perlu dilakukan agar perjalanan Anda berjalan lancar dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Bagi Anda yang melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan mobil, pastikan Anda membaca tips menyetir mobil untuk menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.
Hal pertama yang paling penting disiapkan adalah kondisi fisik pengemudi. Pengemudi yang akan menempuh perjalanan jauh harus memiliki kondisi badan yang fit, dan beristirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Pengemudi tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan kantuk. Konsumsilah suplemen yang mengandung vitamin C untuk menyegarkan badan dan menambah stamina.
Kemudian jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan anda, selalu pastikan apakah kendaraan Anda sudah siap untuk menempuh perjalanan jauh. Mulai lakukan pengecekan dari bagian luar terlebih dulu, baru ke bagian dalam mobil. Untuk bagian luar mobil, pastikan ban mobil tidak botak dan memiliki tekanan angin yang cukup. Lalu pastikan air wiper terisi penuh, serta lampu mobil berfungsi dengan baik. Agar kendaraan berfungsi secara maksimal, gunakan oli mobil yang bagus dan sesuai dengan spesifikasi mesin Anda untuk kelancaran selama menempuh perjalanan jauh. Jika sudah saatnya  melakukan servis berkala, jadwalkan kendaraan Anda ke bengkel resmi terdekat agar semua mesin diperiksa secara lebih mendalam.
Posisi saat mengemudi juga merupakan hal yang tak kalah penting untuk kenyamanan selama perjalanan jauh. Atur jarak bangku dengan setir sesuai dengan kenyamanan pengemudi. Jangan terlalu jauh atau terlalu dekat, karena hal tersebut akan membuat pengemudi akan merasakan kelelahan dengan posisi yang tidak pas.
Selain itu, usahakan agar Anda selalu waspada dan sabar selama berkendara. Biasanya ketika melakukan perjalanan ke luar kota akan terasa berbeda dengan berkendara di dalam kota. Anda akan banyak menjumpai kendaraan-kendaraan berukuran besar, seperti truk dan bus. oleh karena itu, selalu berhati-hati dan patuhi rambu-rambu lalu lintas. Terutama di kondisi cuaca yang ekstrim seperti hujan lebat atau kondisi di malam hari, karena pengemudi membutuhkan fokus yang lebih untuk berkendara pada saat kondisi seperti itu.
Selain mempersiapkan kondisi kendaraan dan pengemudi, pastikan juga Anda sudah membawa surat-surat penting yang dibutuhkan untuk berkendara, seperti SIM dan STNK.
Mengingat kondisi jalanan yang tidak terduga selama mudik, sediakan makanan kecil dan minuman untuk berjaga-jaga ketika lapar dan tidak ada rumah makan di sekitar Anda. Anda juga bisa beristirahat sejenak jika merasa sudah sangat lelah dan mengantuk, dengan memarkirkan kendaraan di tepi jalan yang tidak mengganggu lalu lintas. Jangan paksakan menyetir dalam keadaan mengantuk hanya demi sampai di kampung halaman tepat waktu. Maka dari itu Anda harus mempersiapkan diri dengan benar-benar untuk menghadapi arus mudik.
Ini adalah sebagian kecil tips-tips dari bagaimana menyetir mobil jarak jauh yang aman dan nyaman. Selalu perhatikan keselamatan, dan berhati-hati dalam berkendara. Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk Anda yang akan menempuh perjalanan jauh, dan Selamat mudik!

Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

Apa sih VVT-I, Dan Mobil Apa Saja Yang Menggunakan Teknologi Ini?

Apa sih  VVT-I, Dan Mobil Apa Saja Yang Menggunakan Teknologi Ini?  
  • V-V-T-I atau kependekan dari Variable Valve Timing with intelligence adalah teknologi yang dikembangkan oleh Toyota, mirip dengan teknologi i-VTEC yang digunakan pada mesin mobil Honda. Toyota sistem VVT -i ini menggantikan teknologi toyota sebelumnya, yaitu VVT yang mulai ditawarkan mulai tahun 1991 pada mesin 4A-GE 20 – Valve. Sistem VVT adalah 2  pentahapan sistem cam yang dikendalikan secara  hidrolik.
  • VVT – i adalah waktu buka katup intake yang bervariasi, dengan menyesuaikan hubungan antara camshaft drive dan camshaft intake. Tekanan oli mesin diterapkan pada aktuator untuk mengatur posisi camshaft.
  • Desain mesin ini telah lama dikenal bisa mendapatkan kinerja mesin yang lebih baik dalam keadaan tertentu, yaitu dengan memungkinkan katup intake membuka sedikit sebelum katup buang menutup. Hal ini akan semakin mempercepat campuran antara bahan bakar dan udara masuk ke dalam silinder saat langkah isap. Dalam kondisi ini, katup buang dan katup intake terbuka pada saat yang bersamaan, yang disebut dengan istilah overlap. Dalam teknologi mesin konvensional, waktu overlap ini adalah tetap . 
Mesin yang pertama kali menggunakan teknologi VVT-I telah diperkenalkan pertamakali pada tahun 1996, yang digunakan di sebagian besar mobil Toyota. Mesin ini diklaim bisa membuat mesin lebih efisien dan kuat, ramah lingkungan dan irit bahan bakar.  Beberapa varian mobil yang dicatat Toyota telah mengadopsi teknologi VVT – i adalah seperti Toyota Avanza, Toyota Innova, Toyota Yaris dan Toyota Vios. Lalu bagaimana cara kerja teknologi VVT-I, sehingga bisa memberikan hasil yang efisien dan memuaskan?

Cara Kerja Teknologi VVT-I Untuk menghitung waktu pembukaan dan penutupan katup ( valve timing ) yang optimal, digunakan ECU ( Electronic Control Unit ) untuk mengatur kecepatan mesin, volume udara intake , posisi throttle ( akselerator ) dan suhu air. Agar supaya valve timing selalu tercapai, camshaft atau sensor posisi crankshaft akan memberikan sinyal koreksi respon . Sistem VVT -i dengan mudah akan terus mengoreksi valve timing atau jalur keluar bahan bakar dan udara. Yang akan disesuaikan dengan injakan pedal gas, dan kemudian akan menghasilkan torsi yang optimum pada roda . Dengan demikian teknologi VVT-I bisa menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan . 

Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)