Inilah Cara Mengoper, Memindahkan Gigi Mobil Manual Untuk Pemula

hampir semua orang ingin sekali bisa mengendarai mobil dengan baik dan benar, dan bisa dilihat juga sekarang ini memang marak sekali kursus mobil yang bermunculan dan menggunakan tarif yang bersaing antara 200ribu sampai dengan 1juta, memang  mengendarai mobil itu bukanlah hal yang mudah untuk pemula karena mobil memiliki ukuran yang besar dan jarak pandang yang terbatas, maka dari itu memang faktor penyesuaian perlu dilakukan agar anda bisa mengendarai mobil, apalgi jika anda melewati gang yang cukup sempit pastinya itu akan sangatlah sulit karena anda harus bisa memperkirakan bagian kanan dan juga kiri mobil agar tidak menyentuh tembok ataupun benda lain di sekitar anda
nanti dulu sebelum kita melanjukan ke pembahasan yang agak serius lagi, mungkin anda benar-benar masih pemula dan belum tahu cara mengoper, memindahkan gigi mobil manual, memang untuk anda yang baru pernah mengendarai mobil melihat presnelengya cukup membingungkan karena sangat berbeda sekali dengan motor yang hanya di tekan kedepan atau ke belakang saja, mobil secara umum memiliki 6 buah gigi, 5 gigi untuk maju dan 1 gigi lebihnya untuk gigi mundur, dan gigi mundur biasanya digunakan ketika parkir atau mungkin berpapasan di gang sempit
Gigi 1 digunakan ketika berjalan dan di jalanan yang menanjak, dan gigi dua ketika anda ingin menambahkan kecepatan sampai dengan gigi 5, Dan tidak usah berlama-lama lagi mari ke pokok pembahasan kita sekarang ini mengenai cara mengoper, memindahkan gigi mobil manual

Cara Mengoper, Memindahkan Gigi Mobil Manual

untuk mengoper gigi pada mobil manual pertama kali yang harus anda lakukan adalah sikap tenang dan juga jangan grogi, untuk anda yang sudah mengerti penggunaan kopling walaupun hanya di motor itu bisa menjadi nilai + karena memang hampir sama saja dan anda bisa lebih cepat untuk menguasainya, yang pasti pada saat mengoper gigi baik itu menurunkan atau menambahkan gigi anda harus menekan kopling anda

Gigi Netral

Gigi netral ini terletak di tengah-tengah , jika posisi mobil dalam keadaan netral anda mau menginjak gas sedalam apapun mobil tidak akan berjalan, anda bisa memastikan gigi mobil anda netral dengan cara menggeser tuas transmisi kekanan dan kekiri, jika tuasnya bisa dengan leluasa bergeser ke kanan dan kekiri itu menandakan gigi di mobil anda netral
Gigi 1
Untuk memasukan gigi satu anda perlu menggeser tuas transmisi ke kiri sampai mentok, kemudian mendorongnya ke atas, maka anda sudah berhasil memasukan gigi 1
Gigi 2
Apabila anda ingin memasukan gigi 2 dan posisi saat ini di gigi 1 maka anda hanya perlu menahan transmisi di bagian kiri dan menariknya ke bawah
Gigi 3
Lalu lanjut masuk ke gigi 3, jika posisi sekarang ada di gigi 2 anda perlu mendorong transmisi ke atas sedikit namun jangan terlalu atas karena akan kembali masuk ke gigi 1, lebih tepat menariknya ke tengah dan menggeser tranmisi sedikit kekanan lalu dorong keatas
Gigi 4
Dan untuk masuk ke gigi 4 , perpindahan dari gigi 3 anda hanya perlu menarik transmisi tersebut ke bawah saja, tidak perlu digeser ke kanan dan kiri karena akan secara otomatis masuk ke gigi 4
Gigi 5
gigi 4 ini adalah gigi tertinggi yang digunakan untuk kecepatan maksimal, cara memasukannya jika anda dalam posisi di gigi 4 anda hanya perlu mendorong transmisi sedikit ketengah pada posisi netral, lalu geser ke kanan dan dorong keatas maka anda masuk dalam gigi ke 5
Gigi Mundur (R)
Untuk memasukan gigi mundur, bila anda pada posisi netral anda bisa mendorong transmisi ke kanan ,kemudian anda menariknya kebawah , jika mobil anda sudah dilengkapi dengan kamera atau sensor parkir biasanya setelah gigi mundur masuk semua sensor akan aktif, kamera akan menyala dan juga sensor parkir juga akan berbunyi
untuk anda yang masih baru belajar, lebih baik anda mencobanya dalam keadaan mesin mobil mati karena akan berbahaya jika mesin mobil hidup dan anda belajar tanpa pendamping, jangan lupa injak pedal kopling agar anda bisa memindahkan transmisi dengan mudah
Dan itulah Cara Mengoper, Memindahkan Gigi Mobil Manual semoga cara yang kami jelaskan sekarang ini bisa bermanfaat dan memudahkan anda yang baru belajar mengemudi mobil, ini memang langkah awal agar anda bisa mengemudi, usahakan hafalkan semua posisi gigi agar anda bisa memindahkan gigi dengan cepat dan benar
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

Mengemudi Truk ? Ada aturannya loh !

Mengemudikan sebuah truk memang nggak bisa dibilang mudah. Kendaraan pengangkut itu tidak bisa Anda jalankan seperti mobil biasa tetapi karena truk mempunyai bobot yang berat dan ukuran yang besar maka dari itu Beberapa hal perlu diperhatikan agar truk bisa dikendarai dengan aman.
Hal pertama yang harus diperhatikan pengemudi sebelum mengendarai truk mereka adalah untuk melakukan pemeriksaan pra-perjalanan. Sebuah pemeriksaan pra-perjalanan melibatkan gambaran dasar dari truk. Ini akan mencakup fungsi dari mesin. Level pendingin dan transmisi juga harus diperiksa. Pun perlu memeriksa rem, lampu termasuk lampu sinyal, wiper kaca depan, dan lain-lain yg dirasa penting selama perjalanan.
Pada pengangkutan kargo, pastikan barang bawaan dijamin dan dilindungi dengan cara yg paling baik. Dengan cara diblokir, diikat, dirantai atau kombinasi keduanya. Untuk kargo yang memerlukan penggunaan terpal, pastikan ada dan siap digunakan. Truk cenderung untuk terguling dalam beberapa kecelakaan, sehingga mengamankan muatan adalah hal yang sangat penting.
Untuk keselamatan di jalan, yg paling utama, selalu kencangkan sabuk pengaman. Selalu memberikan ruang yang cukup antara truk dan kendaraan depan, karena truk tidak bisa berhenti cepat dan juga karena truk membutuhkan jarak yang lebih jauh untuk bisa berhenti dengan aman. Selalu menggunakan sinyal lampu berkedip. Pengemudi lain tidak tahu apa niat pengemudi, kecuali pengemudi memberitahu mereka. Menggunakan sinyal memungkinkan pengemudi lain mengerti jika Anda sedang berhenti, istirahat, dan lain lain.
Berhati – hati pada konstruksi jalan, kemacetan, dan bahkan kecelakaan. Sopir truk sering memiliki visibilitas yang terbatas dan lebih rentan terhadap blind spot. Namun, ini dapat diminimalkan jika dicegah oleh penempatan yang tepat dari kaca spion. Sopir perlu tahu cara mengemudi dalam kondisi cuaca buruk. Angin kencang, hujan lebat sering menyebabkan terjadinya kecelakaan. Pengemudi juga patut tahu kapan harus berhenti mengemudi jika bahaya dirasakan. Lebih baik untuk hati-hati daripada mengambil resiko yang tidak diketahui.
Selanjutnya, sopir harus selalu memiliki telepon seluler atau beberapa jenis lain dari perangkat komunikasi yang dapat mereka gunakan untuk berhubungan dan melapor terhadap kondisi jalan. Hal ini penting untuk dapat melaporkan jika kecelakaan. Sopir juga harus tahu bagaimana cara menyeimbangkan beban mereka dan mengikuti peraturan berat maksimal pada truk yang dikemudikan. Hal ini sangat penting untuk menjadi akrab dengan rute yang dilalui sehingga dapat dengan aman melakukan perjalanan.  Ketika sopir mengemudikan truk dengan aman, ia tidak hanya melindungi dirinya sendiri, tetapi juga hidup orang lain.
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

TIPS MENYETIR MOBIL JARAK JAUH YANG AMAN, NYAMAN, SELAMAT SAMPAI TUJUAN

Lebaran 2018 sudah semakin dekat, kegiatan mudik atau pulang ke kampung halaman merupakan hal yang sudah dinanti-nantikan. Mudik kerap identik dengan perjalanan jauh, sebab banyak orang luar Pulau Jawa yang merantau ke Jakarta. Tentunya ketika Anda akan menempuh perjalanan jauh harus ada persiapan yang matang, seperti persiapan fisik dan perlengkapan kendaraan. Hal ini perlu dilakukan agar perjalanan Anda berjalan lancar dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Bagi Anda yang melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan mobil, pastikan Anda membaca tips menyetir mobil untuk menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.
Hal pertama yang paling penting disiapkan adalah kondisi fisik pengemudi. Pengemudi yang akan menempuh perjalanan jauh harus memiliki kondisi badan yang fit, dan beristirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Pengemudi tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan kantuk. Konsumsilah suplemen yang mengandung vitamin C untuk menyegarkan badan dan menambah stamina.
Kemudian jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan anda, selalu pastikan apakah kendaraan Anda sudah siap untuk menempuh perjalanan jauh. Mulai lakukan pengecekan dari bagian luar terlebih dulu, baru ke bagian dalam mobil. Untuk bagian luar mobil, pastikan ban mobil tidak botak dan memiliki tekanan angin yang cukup. Lalu pastikan air wiper terisi penuh, serta lampu mobil berfungsi dengan baik. Agar kendaraan berfungsi secara maksimal, gunakan oli mobil yang bagus dan sesuai dengan spesifikasi mesin Anda untuk kelancaran selama menempuh perjalanan jauh. Jika sudah saatnya  melakukan servis berkala, jadwalkan kendaraan Anda ke bengkel resmi terdekat agar semua mesin diperiksa secara lebih mendalam.
Posisi saat mengemudi juga merupakan hal yang tak kalah penting untuk kenyamanan selama perjalanan jauh. Atur jarak bangku dengan setir sesuai dengan kenyamanan pengemudi. Jangan terlalu jauh atau terlalu dekat, karena hal tersebut akan membuat pengemudi akan merasakan kelelahan dengan posisi yang tidak pas.
Selain itu, usahakan agar Anda selalu waspada dan sabar selama berkendara. Biasanya ketika melakukan perjalanan ke luar kota akan terasa berbeda dengan berkendara di dalam kota. Anda akan banyak menjumpai kendaraan-kendaraan berukuran besar, seperti truk dan bus. oleh karena itu, selalu berhati-hati dan patuhi rambu-rambu lalu lintas. Terutama di kondisi cuaca yang ekstrim seperti hujan lebat atau kondisi di malam hari, karena pengemudi membutuhkan fokus yang lebih untuk berkendara pada saat kondisi seperti itu.
Selain mempersiapkan kondisi kendaraan dan pengemudi, pastikan juga Anda sudah membawa surat-surat penting yang dibutuhkan untuk berkendara, seperti SIM dan STNK.
Mengingat kondisi jalanan yang tidak terduga selama mudik, sediakan makanan kecil dan minuman untuk berjaga-jaga ketika lapar dan tidak ada rumah makan di sekitar Anda. Anda juga bisa beristirahat sejenak jika merasa sudah sangat lelah dan mengantuk, dengan memarkirkan kendaraan di tepi jalan yang tidak mengganggu lalu lintas. Jangan paksakan menyetir dalam keadaan mengantuk hanya demi sampai di kampung halaman tepat waktu. Maka dari itu Anda harus mempersiapkan diri dengan benar-benar untuk menghadapi arus mudik.
Ini adalah sebagian kecil tips-tips dari bagaimana menyetir mobil jarak jauh yang aman dan nyaman. Selalu perhatikan keselamatan, dan berhati-hati dalam berkendara. Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk Anda yang akan menempuh perjalanan jauh, dan Selamat mudik!

Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

Apa sih VVT-I, Dan Mobil Apa Saja Yang Menggunakan Teknologi Ini?

Apa sih  VVT-I, Dan Mobil Apa Saja Yang Menggunakan Teknologi Ini?  
  • V-V-T-I atau kependekan dari Variable Valve Timing with intelligence adalah teknologi yang dikembangkan oleh Toyota, mirip dengan teknologi i-VTEC yang digunakan pada mesin mobil Honda. Toyota sistem VVT -i ini menggantikan teknologi toyota sebelumnya, yaitu VVT yang mulai ditawarkan mulai tahun 1991 pada mesin 4A-GE 20 – Valve. Sistem VVT adalah 2  pentahapan sistem cam yang dikendalikan secara  hidrolik.
  • VVT – i adalah waktu buka katup intake yang bervariasi, dengan menyesuaikan hubungan antara camshaft drive dan camshaft intake. Tekanan oli mesin diterapkan pada aktuator untuk mengatur posisi camshaft.
  • Desain mesin ini telah lama dikenal bisa mendapatkan kinerja mesin yang lebih baik dalam keadaan tertentu, yaitu dengan memungkinkan katup intake membuka sedikit sebelum katup buang menutup. Hal ini akan semakin mempercepat campuran antara bahan bakar dan udara masuk ke dalam silinder saat langkah isap. Dalam kondisi ini, katup buang dan katup intake terbuka pada saat yang bersamaan, yang disebut dengan istilah overlap. Dalam teknologi mesin konvensional, waktu overlap ini adalah tetap . 
Mesin yang pertama kali menggunakan teknologi VVT-I telah diperkenalkan pertamakali pada tahun 1996, yang digunakan di sebagian besar mobil Toyota. Mesin ini diklaim bisa membuat mesin lebih efisien dan kuat, ramah lingkungan dan irit bahan bakar.  Beberapa varian mobil yang dicatat Toyota telah mengadopsi teknologi VVT – i adalah seperti Toyota Avanza, Toyota Innova, Toyota Yaris dan Toyota Vios. Lalu bagaimana cara kerja teknologi VVT-I, sehingga bisa memberikan hasil yang efisien dan memuaskan?

Cara Kerja Teknologi VVT-I Untuk menghitung waktu pembukaan dan penutupan katup ( valve timing ) yang optimal, digunakan ECU ( Electronic Control Unit ) untuk mengatur kecepatan mesin, volume udara intake , posisi throttle ( akselerator ) dan suhu air. Agar supaya valve timing selalu tercapai, camshaft atau sensor posisi crankshaft akan memberikan sinyal koreksi respon . Sistem VVT -i dengan mudah akan terus mengoreksi valve timing atau jalur keluar bahan bakar dan udara. Yang akan disesuaikan dengan injakan pedal gas, dan kemudian akan menghasilkan torsi yang optimum pada roda . Dengan demikian teknologi VVT-I bisa menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan . 

Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

Cara Merawat Mobil Yang Benar


    Untuk sobat yang baru saja membeli mobil baik itu mobil baru maupun bekas pastinya perlu perawatan yang benar agar selain awet mobil juga tetap terlihat baik meskipun sudah cukup lama, banyak dari kita yang memiliki mobil hanya menggantungkan perawaran kepada sang tempat servis bulanan saja, meskipun cara itu tidak salah namun banyak desail-detail dari mobil yang hanya bisa di ketahui oleh sang pemiliknya saja, baik mobil baru maupun bekas pastinya akan selalu membutuhkan perawatan terbaik.
    Baik pada bagian luar mobil seperti cat mobil kaca dan lampu juga butuh perawatan banyak mobil yang pada bagian lampunya berembun dan itupun ada tipsnya, selain itu pada bagian interior mobil juga harus diperhatikan supaya lebih awet juga pastinya banyak bagian yang menunjang keselamtannya, jangan lupakan juga pada bagian mesin dimana perawatan berkala menurpakan hal yang penting selain itu atur waktu yang pas untuk ganti oli cek rem dan yang penting adalah lakukan pemanasan mobil setiap hari sebelum digunakan. jika mobil telah kehujanan maka usahakan langsung siram mobil dengan air berih sebelum sobat masukan kedalam garasi mobil lap juga dengan lap yang memiliki permukaan yang halus untuk menghidari baret pada penggunaan lap mobil yang memiliki tekstur yang kasar.
    Perawatan mobil matic dan manual pastinya sangat berbeda, namun biasnaya hanya pada bagian mesin saja untuk bagian luar menurut kami masih sama, penambahan fitur dalam sebuah kendaraan seperti mobil juga pastinya akan membuat sobat memberikan perhatian exstra terhadap perfomanya dan perawatannya, selalu pilihan aksesoris yang benar dan pasanglah oleh montir yang sudah ahli, hal ini di lakukan supaya mobil tidak rusak karena pemasangan tambahan aksesoris yang dipasang salah apalagi jika sampai harus melubangi body mobil.
    Hal yang paling sering terjadi pada penggendara baru yang juga belum mahir adalah dengan masalah baret karena salah parkir, untuk sobat yang baru memiliki kendaraan mobil pastinya parkir mobil merupakan hal yang mengguras pikiran apalagi saat di tempat yang sempit dan tidak ada tukang parkir, namun untuk beberapa mobil keluaran terbaru sudah memiliki fitur parkir otomatis dimana fitur ini sangat membantu untuk menggendara baru dalam memarikirkan kendarannya, nab berikut adalah Tips Terbaru Cara Merawat Mobil Yang Benar.

    Cara Merawat Mobil Yang Benar

    Cara Merawat Mobil Yang Benar
    Cara Merawat Mobil Yang Benar
    1.  Menjaga Cat Mobil
    Cara Merawat Mobil Yang Benar pertama adalah pewaatan pada catnya, saat kita pertama kali melihat mobil pasti pada tampilannya yang salah satunya dipengaruhi oleh cat yang digunakan dan kualitas cat nya, banyak faktor yang mempengaruhi cat menjadi rusak, salah satuny adalah baret pada body mobil yang biasanya karena salah parkir dan senggolan maka usahakan hal ini tidak terjadi, selain itu saat mencuci mobil jangan lupa gunakan sabun cuci yang khusus untuk mobil dan jangan sembarang, lap yang digunakan juga yang halus dan tidak merusak cat mobil dan tentunya parkir mobil dengan penutup mobil untuk menghindari lembab dan panas matahari.
    2. Pemakaian Bahan Bakar
    Salah satu yang mempengaruhi Cara Merawat Mobil Yang Benar adalah pemakaian bahan bakar, tanpa kita sadari penggunaan bahan bakar yang kotor dapat sangat mempengaruhi kinerja mesin dalam mobil, usahakan setiap berpergian sobat sudah mengisi bahan bakar dan isilah di tempat yang resmi supaya seteril dan tidak ada campuran bahan yang akan mempengaruhi kinerja mesin mobil, isilah bahan bakar mobil sobat di tempat penggisian bahan bakar resmi untuk menghindari hal-hal seperti tadi.
    3. Penggantian Oli Mobil
    Cara Merawat Mobil Yang Benar salah satunya dengan teratur melakukan pergantian oli yang benar, menurut saya sobat perlu menyediakan jurnal untuk menggingatkan waktu pergantian oli bisa di buku atau yang paling mudah adalah di smartphone milik sobat. biasanya mobil sudah saatnya ganti oli pada saat sudah menempuh jarak 5.000 km, namun untuk sobat yang sering terkena macet maka kami sangat sarankan untuk melakukan pergantian setiap 7.500 km lakukan pergantian di tempat penggantian oli resmi dan pilihlah oli terbaik untuk mobil sobat.
    4. Air Radiator
    Banyak dari kita yang sangat melupakan hal ini, air radiator juga sangat menunjang perfoma dari mobil sobat, Cara Merawat Mobil Yang Benar salah satunya adalah dengan penggantian air radiator yang tepat, jangan gunakan air radiator yang kotor dan asal-asalan jangan sampai pendingin mobil sobat terisi banyak kotoran karena menggunakan air yang asal-asalan, sobat bisa membeli air radiator di toko-toko yang menyediakannya sebaiknya gunakan air radiator dengan merek yang di anjurkan untuk mobil sobat.
    5. Pemakaian Transmisi Yang Benar
    Salah satu tips menjaga perfoma mesin tetap optimal adalah denganPemakaian Transmisi yang benar, untuk sobat yang baru saja memiliki mobil alias belum terlalu mahir menggendarai mobil pastinya perlu sering-sering meningkatkan kemampuan agar semakin handal dan paham betul menggunakan transmisi mobil yang benar, baik trasmisi otomatis maupun manual keduanya membutuhkan penanganan yang berbeda, saran kami untuk sobat yang baru membeli mobil adalah melakukan kursus stir mobil dan tanyakan dengan detail menggenai transmisi mesin yang benar baik saat-saat kondisi tertentu.
    6. Servis Berkala
    Jangan lupa melakukan servis berkala, biasanya sercis berkala juga meliputi berbagai hal diantaranya adalah Memberikan eksterior kendaraan sobar, membersihkan interior kendaraan sobat, ganti oli, penambahan cairan radiator, penggecekan kondisi baterai atau aki mobil, pemeriksaan pelumas rem serta berbagai keluhan dari sang empunya mobil jangan lupa servis bulanan juga bisa di jadikan tempat bertanya sobat menggenai mobil terlebih untuk sobat yang masih awam apalagi untuk sobat yang perempuan tentunya hal ini sangat penting.
    Cara Merawat Mobil
    Cara Merawat Mobil
    Menjaga kendaraan sobat untuk selalu dalam kondisi prima merupakan hal yang penting agar kendaraan Anda awet dan tahan lama selain juga memberikan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. sobat bisa melakukan perawatan kendaraan Anda secara rutin sesuai dengan yang tertera pada buku panduan pemilik tentunya untuk anda yang membeli mobil ini baru biasanya akan mendapatkan buku petujuk, baik mobil matic maupun mobil dengan transmisi manual juga memiliki perawatan yang berbeda. sepeti pada mode perwatan transmisi nya dimana pada matic dan manual memiliki pola yang jauh berbeda.
    Dengan melakukan perawatan yang benar maka performa mobil akan maksimal dan komponen mobil akan lebih panjang usia pakainya. Kerusakan dalam komponen atau tidak berfungsinya suatu sistem dalam mobil merupakan salah satu akibat dari kurangnya perawatannya. Tidak jarang akibat kelalaian tersebut menyebabkan kejadian seperti rem blong, bahan bakar boros, menurunnya perfoma mesin yang menggakibatkan turun mesin. Demikian informasi menggenai Tips Terbaru Cara Merawat Mobil Yang Benar semoga bisa bermanfaat untuk sobat.
    Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

      Alamat Kantor:
      Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
      idoarjo
      (Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
      Firmansyah
      Tlpn/Sms/Wa
      0811.356.3354
      / 0851 0327 9354 (Telkomsel)
      0857.0601.2354  (Indosat)

5 Cara Simple Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet, Berikut Caranya !!!

Sistem kopling menjadi sebuah komponen kendaraan yang memiliki fungsi cukup penting pada mobil bertransimisi manual. Keberadaan komponen ini akan mempengaruhi tenaga output yang dihasilkan. Sehingga selaku pengguna, kita harus bisa merawat sistem kopling agar lebih awet. Namun, apa saja faktor penting agar kopling lebih awet ? Mungkin anda sedang mencari tahu tentang perawatan kopling yang tepat. Untuk itu, Kali ini kita akan membahas bagaimana cara merawat kopling mobil agar lebih awet.
Tentang Kopling Mobil
Sistem kopling (Clutch System) adalah sebuah rangkaian mekanikal yang berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan putaran dari mesin. Jika diibaratkan sungai, kopling berfungsi sebagai pintu air yang akan mengatur banyaknya aliran air yang melewatinya.

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas cara kerja kopling mobil Pada artikel tersebut sudah kita singgung bahwa Kopling terdiri dari beberapa komponen. Antara lain kampas kopling dan pressure plate. Pressure plate akan mendorong kampas kopling hingga bersentuhan dengan flywheel. Dalam kondisi ini, kampas kopling dalam keadaan terjepit. Sehingga putaran dapat disalurkan. Tapi hubungan antara flywheel atau pressure plate dengan kampas kopling, pasti akan menimbulkan gesekan. Gesekan itu akan mengikis ketebalan kampas sehingga potensi masalah pada sistem kopling akan ditemui.

Untuk itu, kita harus mengenali seperti apa cara penggunaan kopling yang salah dan faktor-faktor yang membuat kopling cepat rusak. Agar dapat meminimalisir kerusakan pada Clutch System.

Berbagai hal yang menyebabkan kerusakan kopling mobil antara lain ;

1. Penggunaan setengah kopling

Pada artikel sebelumnya yang membahas berbagai kerusakan pada kopling, kita telah mengupas berbagai permasalahan tentang sistem kopling. Salah satu masalah yang terjadi, disebabkan oleh penggunaan setengah kopling.

Teknik setengah kopling adalah membiarkan pegas diafragma bekerja setengah kekuatan. Artinya tenaga penekanan pressure plate tidak maksimal. Hal itu membuat daya jepit pressure plate ke arah kampas kopling menjadi kurang, sehingga akan terjadi gesekan karena kampas kopling menahan beban mobil yang berat. Gesekan atau slip pada kopling inilah yang mengikis friksi kampas kopling.

2. Kekurangan minyak rem

Sistem kopling Mobil umumnya sudah menggunakan rangkaian hidrolik. Sehingga volume fluida hidrolik sangat berpengaruh pada sistem ini agar tidak terjadi masuk angin. Masuk angin adalah kondisi dimana ada sejumlah udara masuk didalam saluran kopling hidrolik. Akibatnya koplingakan ngempos karena sifat angin yang bisa mengecil volumenya/kompresi sehingga udara didalam saluran hidrolik akan menyerap tenaga dari pedal. Inilah yang membuat tekanan pedal kopling tidak sampai ke master silinder bawah.

Mengapa memakai minyak rem sebagai fluida ? Karena sistem hidrolik kopling menggunakan minyak rem sebagai fluida. Sehingga pada reservoir minyak rem akan menyalurkan minyak rem menuju dua sistem ini.

3. Terdapat pelumas atau oli pada permukaan Clutch Disc

Kopling pada Mobil termasuk dalam sistem kopling kering. Sehingga sistem ini tidak memerlukan pelumas, malah pelumas pada sistem ini akan menyebabkan masalah baru. Saat ada pelumas pada permukaan clutch disc, akan menyebabkan selip dan hasilnya tenaga mobil akan berkurang serta akan tercium bau terbakar.

4. Menerjang genangan banjir
Air pada permukaan kopling, akan menyebabkan getaran yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika air telah masuk ke dalam sistem kopling, maka kita harus mengeringkanya. Namun pada beberapa Mobil hal ini dapat menjadi petaka karena dapat merusak komponen utama sistem kopling.


Tips merawat kopling agar lebih awet
Agar kopling awet, tentu kita harus menghindari berbagai hal penyebab kerusakan kopling. Apa saja tips untuk menjaga kopling agar lebih awet ?

1. Periksa kondisi volume minyak rem. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, volume minyak rem akan menimbulkan kopling blong. Sehingga pastikan untuk mengecek ketinggian minyak rem berada pada posisi normal. jika kondisinya kurang, maka ada dua kemungkinan. Ada kebocoran sistem hidrolik dan kemungkinan yang kedua adalah kampas rem sudah mulai tipis sehingga lebih  banyak fluida yang terdorong ke dalam kaliper. Untuk mengetahuinya, anda perlu mengecek seluruh saluran hidrolik dari rembesan oli.

2. Minimalkan penggunaan setengah kopling. Penggunaan seperti ini hanya akan membuat kampas kopling cepat habis. Sehingga usahakan untuk meminimalisir pemakaian setengah kopling. Jika memang diperlukan, usahakan untuk tidak terlalu dipaksakan. Berilah jeda beberapa menit sampai suhu kopling menurun.

3. Lakukan penyetelan celah kopling yang sesuai. Kondisi kopling saat terus menerus digunakan pasti akan berubah. Untuk itu penyetelan dilakukan agar pengguna merasa nyaman dan transfer energi lebih efisien. Untuk menyetel, bisa dilakukan pada master silinder bawah dengan memutar mur penyetel kearah yang tepat.

4. Hindari untuk menerjang banjir. Air adalah cairan yang akan mengganggu sistem kopling kering pada Mobil. Sehingga jika ada jalanan yang terendam banjir dengan ketinggian lumayan, lebih baik hindari. Kecuali mobil anda telah mengusung automatic transmission.

5. Jangan biarkan kopling menganggur terlalu lama. Masalah yang terjadi saat mobil manual tidak dipakai dalam waktu yang lama adalah kopling yang macet atau keras saat diinjak. Untuk itu jangan biarkan Mobil anda menganggur terlalu lama. Sesekali periksalah pedal kopling dengan mengoperasikanya.

tips diatas, berlaku pada Mobil bertransmisi manual. Lantas apakah mobil matic yang hanya punya dua pedal tidak memiliki kopling ? Pertanyaan itu juga kerap muncul. Namun kopling sebenarnya menjadi komponen wajib pada Mobil entah manual atau matic. Namun pada Mobil yang mengusung dua pedal atau matic, menggunakan jenis kopling hidrolik.

Kopling hidrolik ini bisa disebut torque converter. Prinsip kerja torque converter mirip dua buah kipas angin yang didekatkan. Jika salah satu kipas berputar maka kipas satunya juga ikut berputar. Komponen ini tentu lebih praktis sehingga saat ini Mobil matic banyak diganderungi. Namun tidak berarti Mobil manual jelek. Banyak pula yang menyukai Mobil bertransmisi manual daripada Mobil matic. Lantas apa sih Kelebihan Mobil matic ?
Lebih irit bahan bakar
Lebih terasa nyetir Mobil
Lebih leluasa dalam memindahkan gigi
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI
Alamat Kantor:
    Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha Sidoarjo
    (Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
    Firmansyah
    Tlpn/Sms/Wa
    0811.356.3354 
    / 0851 0327 9354 (Telkomsel)
    0857.0601.2354  (Indosat)

Beberapa Ciri Ciri Mesin Mobil Masih Bagus yang Wajib Diketahui

  1. Suara Mesin Masih Halus
  2. Mesin yang masih dalam keadaan baik mempunyai suara halus dan konstan pada saat mesin stasioner atau dihidupkan. Pastikan juga tidak ada suara seperti logam saling bergesekan atau saling berbenturan. Untuk memeriksanya, bawa mobil ke tempat yang sepi lalu hidupkan mesin selama sekitar 5 menit dan ulangi cara tersebut kemudian buka dan tutup kap mesin mobil. Jika tidak ada suara mesin tersendat, maka bisa dipastikan mesin masih dalam keadaan yang baik.
  3. Tidak Ada Bahan Bakar atau Oli Bocor
  4. Mesin mobil yang baik tidak hanya memiliki suara mesin halus, namun juga tidak ada kebocoran pada bahan bakar, oli dan cairan lainnya. Bagian baut dan juga mur pada mesin masih terpasang dengan baik dan tidak dol. Jika terjadi rembesan cairan, itu tandanya mesin mobil sudah menunjukkan atau pernah bermasalah.
    1. Ujung Knalpot Dalam Keadaan Bersih
    Bagian ujung knalpot yang bersih dan berwarna sedikit coklat kemerahan setelah digunakan selama beberapa menit menandakan keadaan mesin mobil yang masih prima sebab campuran bahan bakar dan udara yang ada pada ruang pembakaran berlangsung dengan stabil dan komposisinya pas.
    1. Perpindahan Gigi Berlangsung Cepat
    Saat akan memindahkan dari gigi yang satu ke gigi yang lain, mesin mobil yang baik akan memiliki perputaran yang cepat, namun jika perpindahan gigi agak sulit maka ini merupakan pertanda jika mesin mengalami sebuah masalah.
    1. Bisa Menanjak Dengan Baik
    Saat digunakan pada tanjakan yang cukup tajam sekitar 20 sampai 30 derajat, maka tidak akan terdengar suara mesin yang meraung dan mobil tidak akan berjalan secara tersendat-sendat.
    1. Tidak Ada Lampu Indikator Menyala
    Dalam setiap mobil terdapat banyak lampu indikator yang memperlihatkan kondisi dari mesin seperti contohnya temperatur dan oli. Pada mesin mobil yang baik, lampu-lampu indikator tersebut akan berada dalam kondisi yang mati atau tidak menyala, sebab jika lampu indikator mobil hidup atau menyala, itu menandakan ada kerusakan yang terjadi pada mesin.
    1. Getaran Mesin Terlihat Wajar
    Mesin mobil normal akan memperlihatkan getaran yang wajar dan seirama pada saat dinyalakan dan menunjukkan jika engine mounting dan juga sistem kelistrikan mobil dalam keadaan lancar dan tidak tersendat.
    1. Warna Asap Terlihat Normal
    Warna asap dari mesin mobil dalam keadaan baik tidak akan berwarna dan terlihat seperti putih atau hitam yang merupakan indikasi pembakaran tidak baik dan tercampurnya oli pada ruang mesin. Sementara jika terdapat tetesan air pada knalpot juga merupakan hal biasa dan bukti jika mesin masih baik.
    1. Kepala Silinder Tidak Melengkung
    Kepala silinder pada mesin akan dalam keadaan rata dan lurus dan tidak melengkung. Sehingga ini memastikan oli tidak akan bercampur dengan air dan mesin dalam keadaan stabil dan tidak bermasalah.
    1. Sistem Pelumasan Masih Penuh dan Tidak Kotor
    Pelumas atau oli adalah hal penting untuk menjaga mesin tidak saling bergesekan saat dihidupkan. Jika saat memeriksa oli lewat deep stick oli masih penuh dan tidak kotor, berarti mesin juga masih dalam keadaan baik. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti oli secara rutin agar performa mesin bisa terjaga terus.
    1. Timing Belt Masih Tersambung
    Timing belt mempunyai andil besar dalam kinerja mesin yakni mengalirkan tenaga dari poros menuju ke nok. Pastikan timing belt masih tersambung dengan baik, sebab jika timing belt terputus maka mesin akan bermasalah dan bisa terjadi tabrakan antar klep dan juga piston.
    1. AC Masih Tetap Dingin
    AC atau piranti penyejuk pada mobil juga bisa dijadikan indikasi apakah mesin masih dalam keadaan baik atau tidak. Jika kondisi AC masih dalam keadaan normal atau dingin, maka bisa dipastikan mesin juga masih dalam keadaan yang normal. Namun mesin bermasalah, maka secara otomatis akan memutus kerja AC sehingga proses pendinginan tidak akan berjalan dengan wajar.
    1. Air Tidak Muncrat Saat Mesin Dinyalakan
    Cara lain untuk mengetahui kinerja mesin yang masih prima adalah dengan membuka tutup air radiator sebelum menyalakan mesin. Jika tidak ada air yang muncrat atau riak yang besar, maka bisa dipastikan bagian mesin yakni waterpump dalam keadaan yang normal.
    1. Tenaga Mesin maksimal
    Dalam keadaan kompresi yang normal, maka mesin tenaga mesin akan berjalan dengan maksimal. Namun hal berbeda akan terjadi jika kompresi mesin dalam keadaan bocor yang menyebabkan tenaga dari mesin sangat kecil atau lemah.
    1. Temperatur Mesin Dalam Keadaan Normal
    Temperatur pada mesin yang baik akan berada dalam keadaan normal. Apabila terjadi overheating atau suhu mesin berada diatas suhu normal maka ini mencirikan mesin yang rusak dan akan berakibat fatal untuk pengendara.
    1. Putaran Mesin Berubah Saat Kabel Busi Dicabut
    Untuk memeriksa apakah mesin mobil masih baik, bisa dilakukan dengan menghidupkan mesin mobil lalu cabut kabel busi satu persatu. Jika ada perubahan pada putaran mesin, maka menandakan mesin masih berjalan dengan optimal. Namun jika saat kabel busi dicabut dan perputaran mesin tidak memperlihatkan perubahan, maka mengindikasikan mesin bermasalah karena kabel busi sudah mati dan tidak bisa bekerja.
    1. Tidak Ada Knocking di Mesin Turbocharger
    Tidak adanya knocking pada mesin turbocharger juga menunjukkan mesin dalam keadaan prima. Jika terjadi tekanan tinggi pada ruang pembakaran mesin maka membuat piston akan mengalami kerusakan dan mesin akan menimbulkan gejala knocking.
    1. Mesin Tidak Mengeluarkan Bau
    Fungsi dari pelumas tidak hanya untuk membantu kelancaran pergerakan dari komponen namun juga menjaga stabilnya suhu pada komponen mesin sehingga mesin tidak akan mengeluarkan bau yang bisa terjadi saat mesin mengalami over heating.
    Demikian ulasan kami kali ini mengenai ciri mesin mobil masih bagus, keadaan mesin harus sangat diperhatikan sebab menjadi bagian paling penting pada sebuah mobil melebihi dari mulusnya bodi mobil. Dengan mesin mobil yang baik, maka anda bisa berkendara dengan aman. Selalu periksa kondisi mesin anda supaya selalu dalam keadaan prima.
    Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

    Alamat Kantor:
    Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
    idoarjo
    (Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
    Firmansyah
    Tlpn/Sms/Wa
    0811.356.3354 
    / 0851 0327 9354 (Telkomsel)
    0857.0601.2354  (Indosat)