Cara Merawat Mobil Yang Benar


    Untuk sobat yang baru saja membeli mobil baik itu mobil baru maupun bekas pastinya perlu perawatan yang benar agar selain awet mobil juga tetap terlihat baik meskipun sudah cukup lama, banyak dari kita yang memiliki mobil hanya menggantungkan perawaran kepada sang tempat servis bulanan saja, meskipun cara itu tidak salah namun banyak desail-detail dari mobil yang hanya bisa di ketahui oleh sang pemiliknya saja, baik mobil baru maupun bekas pastinya akan selalu membutuhkan perawatan terbaik.
    Baik pada bagian luar mobil seperti cat mobil kaca dan lampu juga butuh perawatan banyak mobil yang pada bagian lampunya berembun dan itupun ada tipsnya, selain itu pada bagian interior mobil juga harus diperhatikan supaya lebih awet juga pastinya banyak bagian yang menunjang keselamtannya, jangan lupakan juga pada bagian mesin dimana perawatan berkala menurpakan hal yang penting selain itu atur waktu yang pas untuk ganti oli cek rem dan yang penting adalah lakukan pemanasan mobil setiap hari sebelum digunakan. jika mobil telah kehujanan maka usahakan langsung siram mobil dengan air berih sebelum sobat masukan kedalam garasi mobil lap juga dengan lap yang memiliki permukaan yang halus untuk menghidari baret pada penggunaan lap mobil yang memiliki tekstur yang kasar.
    Perawatan mobil matic dan manual pastinya sangat berbeda, namun biasnaya hanya pada bagian mesin saja untuk bagian luar menurut kami masih sama, penambahan fitur dalam sebuah kendaraan seperti mobil juga pastinya akan membuat sobat memberikan perhatian exstra terhadap perfomanya dan perawatannya, selalu pilihan aksesoris yang benar dan pasanglah oleh montir yang sudah ahli, hal ini di lakukan supaya mobil tidak rusak karena pemasangan tambahan aksesoris yang dipasang salah apalagi jika sampai harus melubangi body mobil.
    Hal yang paling sering terjadi pada penggendara baru yang juga belum mahir adalah dengan masalah baret karena salah parkir, untuk sobat yang baru memiliki kendaraan mobil pastinya parkir mobil merupakan hal yang mengguras pikiran apalagi saat di tempat yang sempit dan tidak ada tukang parkir, namun untuk beberapa mobil keluaran terbaru sudah memiliki fitur parkir otomatis dimana fitur ini sangat membantu untuk menggendara baru dalam memarikirkan kendarannya, nab berikut adalah Tips Terbaru Cara Merawat Mobil Yang Benar.

    Cara Merawat Mobil Yang Benar

    Cara Merawat Mobil Yang Benar
    Cara Merawat Mobil Yang Benar
    1.  Menjaga Cat Mobil
    Cara Merawat Mobil Yang Benar pertama adalah pewaatan pada catnya, saat kita pertama kali melihat mobil pasti pada tampilannya yang salah satunya dipengaruhi oleh cat yang digunakan dan kualitas cat nya, banyak faktor yang mempengaruhi cat menjadi rusak, salah satuny adalah baret pada body mobil yang biasanya karena salah parkir dan senggolan maka usahakan hal ini tidak terjadi, selain itu saat mencuci mobil jangan lupa gunakan sabun cuci yang khusus untuk mobil dan jangan sembarang, lap yang digunakan juga yang halus dan tidak merusak cat mobil dan tentunya parkir mobil dengan penutup mobil untuk menghindari lembab dan panas matahari.
    2. Pemakaian Bahan Bakar
    Salah satu yang mempengaruhi Cara Merawat Mobil Yang Benar adalah pemakaian bahan bakar, tanpa kita sadari penggunaan bahan bakar yang kotor dapat sangat mempengaruhi kinerja mesin dalam mobil, usahakan setiap berpergian sobat sudah mengisi bahan bakar dan isilah di tempat yang resmi supaya seteril dan tidak ada campuran bahan yang akan mempengaruhi kinerja mesin mobil, isilah bahan bakar mobil sobat di tempat penggisian bahan bakar resmi untuk menghindari hal-hal seperti tadi.
    3. Penggantian Oli Mobil
    Cara Merawat Mobil Yang Benar salah satunya dengan teratur melakukan pergantian oli yang benar, menurut saya sobat perlu menyediakan jurnal untuk menggingatkan waktu pergantian oli bisa di buku atau yang paling mudah adalah di smartphone milik sobat. biasanya mobil sudah saatnya ganti oli pada saat sudah menempuh jarak 5.000 km, namun untuk sobat yang sering terkena macet maka kami sangat sarankan untuk melakukan pergantian setiap 7.500 km lakukan pergantian di tempat penggantian oli resmi dan pilihlah oli terbaik untuk mobil sobat.
    4. Air Radiator
    Banyak dari kita yang sangat melupakan hal ini, air radiator juga sangat menunjang perfoma dari mobil sobat, Cara Merawat Mobil Yang Benar salah satunya adalah dengan penggantian air radiator yang tepat, jangan gunakan air radiator yang kotor dan asal-asalan jangan sampai pendingin mobil sobat terisi banyak kotoran karena menggunakan air yang asal-asalan, sobat bisa membeli air radiator di toko-toko yang menyediakannya sebaiknya gunakan air radiator dengan merek yang di anjurkan untuk mobil sobat.
    5. Pemakaian Transmisi Yang Benar
    Salah satu tips menjaga perfoma mesin tetap optimal adalah denganPemakaian Transmisi yang benar, untuk sobat yang baru saja memiliki mobil alias belum terlalu mahir menggendarai mobil pastinya perlu sering-sering meningkatkan kemampuan agar semakin handal dan paham betul menggunakan transmisi mobil yang benar, baik trasmisi otomatis maupun manual keduanya membutuhkan penanganan yang berbeda, saran kami untuk sobat yang baru membeli mobil adalah melakukan kursus stir mobil dan tanyakan dengan detail menggenai transmisi mesin yang benar baik saat-saat kondisi tertentu.
    6. Servis Berkala
    Jangan lupa melakukan servis berkala, biasanya sercis berkala juga meliputi berbagai hal diantaranya adalah Memberikan eksterior kendaraan sobar, membersihkan interior kendaraan sobat, ganti oli, penambahan cairan radiator, penggecekan kondisi baterai atau aki mobil, pemeriksaan pelumas rem serta berbagai keluhan dari sang empunya mobil jangan lupa servis bulanan juga bisa di jadikan tempat bertanya sobat menggenai mobil terlebih untuk sobat yang masih awam apalagi untuk sobat yang perempuan tentunya hal ini sangat penting.
    Cara Merawat Mobil
    Cara Merawat Mobil
    Menjaga kendaraan sobat untuk selalu dalam kondisi prima merupakan hal yang penting agar kendaraan Anda awet dan tahan lama selain juga memberikan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. sobat bisa melakukan perawatan kendaraan Anda secara rutin sesuai dengan yang tertera pada buku panduan pemilik tentunya untuk anda yang membeli mobil ini baru biasanya akan mendapatkan buku petujuk, baik mobil matic maupun mobil dengan transmisi manual juga memiliki perawatan yang berbeda. sepeti pada mode perwatan transmisi nya dimana pada matic dan manual memiliki pola yang jauh berbeda.
    Dengan melakukan perawatan yang benar maka performa mobil akan maksimal dan komponen mobil akan lebih panjang usia pakainya. Kerusakan dalam komponen atau tidak berfungsinya suatu sistem dalam mobil merupakan salah satu akibat dari kurangnya perawatannya. Tidak jarang akibat kelalaian tersebut menyebabkan kejadian seperti rem blong, bahan bakar boros, menurunnya perfoma mesin yang menggakibatkan turun mesin. Demikian informasi menggenai Tips Terbaru Cara Merawat Mobil Yang Benar semoga bisa bermanfaat untuk sobat.
    Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

      Alamat Kantor:
      Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
      idoarjo
      (Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
      Firmansyah
      Tlpn/Sms/Wa
      0811.356.3354
      / 0851 0327 9354 (Telkomsel)
      0857.0601.2354  (Indosat)

5 Cara Simple Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet, Berikut Caranya !!!

Sistem kopling menjadi sebuah komponen kendaraan yang memiliki fungsi cukup penting pada mobil bertransimisi manual. Keberadaan komponen ini akan mempengaruhi tenaga output yang dihasilkan. Sehingga selaku pengguna, kita harus bisa merawat sistem kopling agar lebih awet. Namun, apa saja faktor penting agar kopling lebih awet ? Mungkin anda sedang mencari tahu tentang perawatan kopling yang tepat. Untuk itu, Kali ini kita akan membahas bagaimana cara merawat kopling mobil agar lebih awet.
Tentang Kopling Mobil
Sistem kopling (Clutch System) adalah sebuah rangkaian mekanikal yang berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan putaran dari mesin. Jika diibaratkan sungai, kopling berfungsi sebagai pintu air yang akan mengatur banyaknya aliran air yang melewatinya.

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas cara kerja kopling mobil Pada artikel tersebut sudah kita singgung bahwa Kopling terdiri dari beberapa komponen. Antara lain kampas kopling dan pressure plate. Pressure plate akan mendorong kampas kopling hingga bersentuhan dengan flywheel. Dalam kondisi ini, kampas kopling dalam keadaan terjepit. Sehingga putaran dapat disalurkan. Tapi hubungan antara flywheel atau pressure plate dengan kampas kopling, pasti akan menimbulkan gesekan. Gesekan itu akan mengikis ketebalan kampas sehingga potensi masalah pada sistem kopling akan ditemui.

Untuk itu, kita harus mengenali seperti apa cara penggunaan kopling yang salah dan faktor-faktor yang membuat kopling cepat rusak. Agar dapat meminimalisir kerusakan pada Clutch System.

Berbagai hal yang menyebabkan kerusakan kopling mobil antara lain ;

1. Penggunaan setengah kopling

Pada artikel sebelumnya yang membahas berbagai kerusakan pada kopling, kita telah mengupas berbagai permasalahan tentang sistem kopling. Salah satu masalah yang terjadi, disebabkan oleh penggunaan setengah kopling.

Teknik setengah kopling adalah membiarkan pegas diafragma bekerja setengah kekuatan. Artinya tenaga penekanan pressure plate tidak maksimal. Hal itu membuat daya jepit pressure plate ke arah kampas kopling menjadi kurang, sehingga akan terjadi gesekan karena kampas kopling menahan beban mobil yang berat. Gesekan atau slip pada kopling inilah yang mengikis friksi kampas kopling.

2. Kekurangan minyak rem

Sistem kopling Mobil umumnya sudah menggunakan rangkaian hidrolik. Sehingga volume fluida hidrolik sangat berpengaruh pada sistem ini agar tidak terjadi masuk angin. Masuk angin adalah kondisi dimana ada sejumlah udara masuk didalam saluran kopling hidrolik. Akibatnya koplingakan ngempos karena sifat angin yang bisa mengecil volumenya/kompresi sehingga udara didalam saluran hidrolik akan menyerap tenaga dari pedal. Inilah yang membuat tekanan pedal kopling tidak sampai ke master silinder bawah.

Mengapa memakai minyak rem sebagai fluida ? Karena sistem hidrolik kopling menggunakan minyak rem sebagai fluida. Sehingga pada reservoir minyak rem akan menyalurkan minyak rem menuju dua sistem ini.

3. Terdapat pelumas atau oli pada permukaan Clutch Disc

Kopling pada Mobil termasuk dalam sistem kopling kering. Sehingga sistem ini tidak memerlukan pelumas, malah pelumas pada sistem ini akan menyebabkan masalah baru. Saat ada pelumas pada permukaan clutch disc, akan menyebabkan selip dan hasilnya tenaga mobil akan berkurang serta akan tercium bau terbakar.

4. Menerjang genangan banjir
Air pada permukaan kopling, akan menyebabkan getaran yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika air telah masuk ke dalam sistem kopling, maka kita harus mengeringkanya. Namun pada beberapa Mobil hal ini dapat menjadi petaka karena dapat merusak komponen utama sistem kopling.


Tips merawat kopling agar lebih awet
Agar kopling awet, tentu kita harus menghindari berbagai hal penyebab kerusakan kopling. Apa saja tips untuk menjaga kopling agar lebih awet ?

1. Periksa kondisi volume minyak rem. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, volume minyak rem akan menimbulkan kopling blong. Sehingga pastikan untuk mengecek ketinggian minyak rem berada pada posisi normal. jika kondisinya kurang, maka ada dua kemungkinan. Ada kebocoran sistem hidrolik dan kemungkinan yang kedua adalah kampas rem sudah mulai tipis sehingga lebih  banyak fluida yang terdorong ke dalam kaliper. Untuk mengetahuinya, anda perlu mengecek seluruh saluran hidrolik dari rembesan oli.

2. Minimalkan penggunaan setengah kopling. Penggunaan seperti ini hanya akan membuat kampas kopling cepat habis. Sehingga usahakan untuk meminimalisir pemakaian setengah kopling. Jika memang diperlukan, usahakan untuk tidak terlalu dipaksakan. Berilah jeda beberapa menit sampai suhu kopling menurun.

3. Lakukan penyetelan celah kopling yang sesuai. Kondisi kopling saat terus menerus digunakan pasti akan berubah. Untuk itu penyetelan dilakukan agar pengguna merasa nyaman dan transfer energi lebih efisien. Untuk menyetel, bisa dilakukan pada master silinder bawah dengan memutar mur penyetel kearah yang tepat.

4. Hindari untuk menerjang banjir. Air adalah cairan yang akan mengganggu sistem kopling kering pada Mobil. Sehingga jika ada jalanan yang terendam banjir dengan ketinggian lumayan, lebih baik hindari. Kecuali mobil anda telah mengusung automatic transmission.

5. Jangan biarkan kopling menganggur terlalu lama. Masalah yang terjadi saat mobil manual tidak dipakai dalam waktu yang lama adalah kopling yang macet atau keras saat diinjak. Untuk itu jangan biarkan Mobil anda menganggur terlalu lama. Sesekali periksalah pedal kopling dengan mengoperasikanya.

tips diatas, berlaku pada Mobil bertransmisi manual. Lantas apakah mobil matic yang hanya punya dua pedal tidak memiliki kopling ? Pertanyaan itu juga kerap muncul. Namun kopling sebenarnya menjadi komponen wajib pada Mobil entah manual atau matic. Namun pada Mobil yang mengusung dua pedal atau matic, menggunakan jenis kopling hidrolik.

Kopling hidrolik ini bisa disebut torque converter. Prinsip kerja torque converter mirip dua buah kipas angin yang didekatkan. Jika salah satu kipas berputar maka kipas satunya juga ikut berputar. Komponen ini tentu lebih praktis sehingga saat ini Mobil matic banyak diganderungi. Namun tidak berarti Mobil manual jelek. Banyak pula yang menyukai Mobil bertransmisi manual daripada Mobil matic. Lantas apa sih Kelebihan Mobil matic ?
Lebih irit bahan bakar
Lebih terasa nyetir Mobil
Lebih leluasa dalam memindahkan gigi
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI
Alamat Kantor:
    Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha Sidoarjo
    (Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
    Firmansyah
    Tlpn/Sms/Wa
    0811.356.3354 
    / 0851 0327 9354 (Telkomsel)
    0857.0601.2354  (Indosat)

Beberapa Ciri Ciri Mesin Mobil Masih Bagus yang Wajib Diketahui

  1. Suara Mesin Masih Halus
  2. Mesin yang masih dalam keadaan baik mempunyai suara halus dan konstan pada saat mesin stasioner atau dihidupkan. Pastikan juga tidak ada suara seperti logam saling bergesekan atau saling berbenturan. Untuk memeriksanya, bawa mobil ke tempat yang sepi lalu hidupkan mesin selama sekitar 5 menit dan ulangi cara tersebut kemudian buka dan tutup kap mesin mobil. Jika tidak ada suara mesin tersendat, maka bisa dipastikan mesin masih dalam keadaan yang baik.
  3. Tidak Ada Bahan Bakar atau Oli Bocor
  4. Mesin mobil yang baik tidak hanya memiliki suara mesin halus, namun juga tidak ada kebocoran pada bahan bakar, oli dan cairan lainnya. Bagian baut dan juga mur pada mesin masih terpasang dengan baik dan tidak dol. Jika terjadi rembesan cairan, itu tandanya mesin mobil sudah menunjukkan atau pernah bermasalah.
    1. Ujung Knalpot Dalam Keadaan Bersih
    Bagian ujung knalpot yang bersih dan berwarna sedikit coklat kemerahan setelah digunakan selama beberapa menit menandakan keadaan mesin mobil yang masih prima sebab campuran bahan bakar dan udara yang ada pada ruang pembakaran berlangsung dengan stabil dan komposisinya pas.
    1. Perpindahan Gigi Berlangsung Cepat
    Saat akan memindahkan dari gigi yang satu ke gigi yang lain, mesin mobil yang baik akan memiliki perputaran yang cepat, namun jika perpindahan gigi agak sulit maka ini merupakan pertanda jika mesin mengalami sebuah masalah.
    1. Bisa Menanjak Dengan Baik
    Saat digunakan pada tanjakan yang cukup tajam sekitar 20 sampai 30 derajat, maka tidak akan terdengar suara mesin yang meraung dan mobil tidak akan berjalan secara tersendat-sendat.
    1. Tidak Ada Lampu Indikator Menyala
    Dalam setiap mobil terdapat banyak lampu indikator yang memperlihatkan kondisi dari mesin seperti contohnya temperatur dan oli. Pada mesin mobil yang baik, lampu-lampu indikator tersebut akan berada dalam kondisi yang mati atau tidak menyala, sebab jika lampu indikator mobil hidup atau menyala, itu menandakan ada kerusakan yang terjadi pada mesin.
    1. Getaran Mesin Terlihat Wajar
    Mesin mobil normal akan memperlihatkan getaran yang wajar dan seirama pada saat dinyalakan dan menunjukkan jika engine mounting dan juga sistem kelistrikan mobil dalam keadaan lancar dan tidak tersendat.
    1. Warna Asap Terlihat Normal
    Warna asap dari mesin mobil dalam keadaan baik tidak akan berwarna dan terlihat seperti putih atau hitam yang merupakan indikasi pembakaran tidak baik dan tercampurnya oli pada ruang mesin. Sementara jika terdapat tetesan air pada knalpot juga merupakan hal biasa dan bukti jika mesin masih baik.
    1. Kepala Silinder Tidak Melengkung
    Kepala silinder pada mesin akan dalam keadaan rata dan lurus dan tidak melengkung. Sehingga ini memastikan oli tidak akan bercampur dengan air dan mesin dalam keadaan stabil dan tidak bermasalah.
    1. Sistem Pelumasan Masih Penuh dan Tidak Kotor
    Pelumas atau oli adalah hal penting untuk menjaga mesin tidak saling bergesekan saat dihidupkan. Jika saat memeriksa oli lewat deep stick oli masih penuh dan tidak kotor, berarti mesin juga masih dalam keadaan baik. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti oli secara rutin agar performa mesin bisa terjaga terus.
    1. Timing Belt Masih Tersambung
    Timing belt mempunyai andil besar dalam kinerja mesin yakni mengalirkan tenaga dari poros menuju ke nok. Pastikan timing belt masih tersambung dengan baik, sebab jika timing belt terputus maka mesin akan bermasalah dan bisa terjadi tabrakan antar klep dan juga piston.
    1. AC Masih Tetap Dingin
    AC atau piranti penyejuk pada mobil juga bisa dijadikan indikasi apakah mesin masih dalam keadaan baik atau tidak. Jika kondisi AC masih dalam keadaan normal atau dingin, maka bisa dipastikan mesin juga masih dalam keadaan yang normal. Namun mesin bermasalah, maka secara otomatis akan memutus kerja AC sehingga proses pendinginan tidak akan berjalan dengan wajar.
    1. Air Tidak Muncrat Saat Mesin Dinyalakan
    Cara lain untuk mengetahui kinerja mesin yang masih prima adalah dengan membuka tutup air radiator sebelum menyalakan mesin. Jika tidak ada air yang muncrat atau riak yang besar, maka bisa dipastikan bagian mesin yakni waterpump dalam keadaan yang normal.
    1. Tenaga Mesin maksimal
    Dalam keadaan kompresi yang normal, maka mesin tenaga mesin akan berjalan dengan maksimal. Namun hal berbeda akan terjadi jika kompresi mesin dalam keadaan bocor yang menyebabkan tenaga dari mesin sangat kecil atau lemah.
    1. Temperatur Mesin Dalam Keadaan Normal
    Temperatur pada mesin yang baik akan berada dalam keadaan normal. Apabila terjadi overheating atau suhu mesin berada diatas suhu normal maka ini mencirikan mesin yang rusak dan akan berakibat fatal untuk pengendara.
    1. Putaran Mesin Berubah Saat Kabel Busi Dicabut
    Untuk memeriksa apakah mesin mobil masih baik, bisa dilakukan dengan menghidupkan mesin mobil lalu cabut kabel busi satu persatu. Jika ada perubahan pada putaran mesin, maka menandakan mesin masih berjalan dengan optimal. Namun jika saat kabel busi dicabut dan perputaran mesin tidak memperlihatkan perubahan, maka mengindikasikan mesin bermasalah karena kabel busi sudah mati dan tidak bisa bekerja.
    1. Tidak Ada Knocking di Mesin Turbocharger
    Tidak adanya knocking pada mesin turbocharger juga menunjukkan mesin dalam keadaan prima. Jika terjadi tekanan tinggi pada ruang pembakaran mesin maka membuat piston akan mengalami kerusakan dan mesin akan menimbulkan gejala knocking.
    1. Mesin Tidak Mengeluarkan Bau
    Fungsi dari pelumas tidak hanya untuk membantu kelancaran pergerakan dari komponen namun juga menjaga stabilnya suhu pada komponen mesin sehingga mesin tidak akan mengeluarkan bau yang bisa terjadi saat mesin mengalami over heating.
    Demikian ulasan kami kali ini mengenai ciri mesin mobil masih bagus, keadaan mesin harus sangat diperhatikan sebab menjadi bagian paling penting pada sebuah mobil melebihi dari mulusnya bodi mobil. Dengan mesin mobil yang baik, maka anda bisa berkendara dengan aman. Selalu periksa kondisi mesin anda supaya selalu dalam keadaan prima.
    Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

    Alamat Kantor:
    Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
    idoarjo
    (Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
    Firmansyah
    Tlpn/Sms/Wa
    0811.356.3354 
    / 0851 0327 9354 (Telkomsel)
    0857.0601.2354  (Indosat)

Cara Mengemudi Mobil Matic Yang Benar

Apabila kita ingin menghidupkan atau mengendarai mobil maka sebelumnya harus memastikan bahwa tuas mobil sedang dalam posisi P (Parkir) atau dengan simbol lain yaitu N (Netral). Desain transmisi matic telah diciptakan oleh produsen mesin mobil sehingga mesin mobil bisa hidup jika posisi tuas berada di P (Parkir) atau N (Normal).
2. Langkah Kedua
Apabila mesin mobil baru saja dihidupkan maka tunggu beberapa menit sampai suhu mesin dan transmisi bisa tercapai secara otomatis. Dari beberapa macam bentuk transmisi otomatis, maka percepatan dalam pemindahan yang secara otomatis belum terjadi secara sempurna karena suhu kerja belum normal.
3. Langkah Ketiga
Apabila kita akan menekan pedal rem maka jika akan menggeser tuas atau akan menjalankan mobil pastikan dulu bahwa rem sudah ditekan. Dan jika kita akan menggeser tuas dari P ke R dan N ke D atau sebaliknya, ada nya rem dalam penggeseran tuas salah satunya untuk menghindari kerusakan mesin.
4. Langkah Keempat
Jika ingin memulai dalam perjalanan dengan kondisi normal, maka perhatikan tuas sudah dalam posisi D (Drive) yang berguna untuk berjalan maju sedang kan tuas dalam posisi R (mundur). Dalam mengendarai mobil tidak hanya melewati jalan yang lurus saja tetapi juga akan melaju di jalan yang mengalami tanjakan, turunan, bahkan licin maka jika menemui jalan tanjakan membutuhkan bantuan pengereman mesin (engine break),  perlu adanya pergeseran tuas ke posisi 2. Apabila perjalanan yang dialami menanjak atau menurun yang sangat ekstrim maka tuas harus digeser ke posisi 1 atau L.JI
5. Langkah kelima 
Dalam pemilihan mode untuk pengoperasian ekonomis jika tersedia. Dilihat juga dari kegunaan ekonomis yang umumnya hanya digunakan untuk kondisi saat berada di perjalanan kota yang sudah sangat terkenal dengan macet, setiap pengemudi pasti ingin menghemat penggunaan BBM atau ingin mengendarai kendaraan secara santai. Bisa juga memilih metode ekonomis, perpindahan dalam metode percepatan akan otomatis berlangsung di awal.
Dalam mode power kemungkinan terjadinya perpindahan kecepatan yang otomatis lebih lambat sehingga mobil bisa berakselarasi. Ada banyak jenis dalam transmisi otomatis, dalam pemilihan miode pengoperasian, akan sama seperti pemilihan mode pengoperasian S (Sport)
6. Langkah keenam
Didalam mobil matic ada yang namanya Tombol OD atau menggeser tuas ke posisi 3 fungsinya untuk membantu kita dalam berakselerasi dalam menggunakan gigi 3. Apabila kita ingin melaju lebih cepat dan ingin mendahului mobil yang berada didepan kita maka harus menggunakan kecepatan diatas standar yaitu sekitar 60-80 km/jam. dalam kecepatan 60-80 km/jam juga bisa kita gunakan saat berada di area yang memiliki tanjangan panjang dan harus dengan menggunakan gigi 3. Jika tombol OD/OFF menyala itu tandanya perpindahan dalam percepatan dibatasi hanya pada gigi 3.
7. Langkah ketujuh
Untuk menggunakan mode pengoperasian manual maka pilihlah metode Pengoperasian M (Manual), jika ingin mengendarai kendaraan mobil matic seperti mobil manual. Dengan adanya fasilitas manual matic maka kemungkinan untuk menambah dan mengurangi tingkat percepatan bisa sesuai dengan apa yang pengemudi inginkan. Hanya dengan cara menggeser tuas ke posisi M (Manual) atau juga bisa saat mobil dalam keadaan berhenti atau dalam keadaan berjalan dengan kecepatan yang tidak menentu, kemudian menggeser tuas (+) untuk menambah gigi dan tuas (-) untuk mengurangi gigi.
Ada berbagai macam mobil yang telah dilengkapi pedel shift yang berada di belakang pengemudi, tetapi hanya mobil tertentu saja yang memiliki fasilitas tersebut. Kemudian setelah tuas digeser ke M maka pelan – pelan menarik pedel ke posisi + (kanan) guna untuk menambah gigi atau sebalik nya mengurangi gigi pada tombol – (kiri).
Mobil matic yang tidak menyediakan fasilitas manual – matic maka bisa saja jika akan memindah atau mempercepat gigi secara manual. Contohnya jika ingin mulai berjalan dari gigi 1 dan untuk menambah percepatan cukup menggeser ke tuas 2 dan selanjutnya. Sebelum menggeser tuas D maka tekan terlebih dahulu tombol OD agar tombol OD/OFF.
Dan juga sebaliknya , hal ini dilakukan agar dalam perpindahan gigi tidak terjadi secara otomatis. Dalam mobil matic PRN D-3 2 1 / L, jika ingin memindahkan gigi 2 menjadi gigi 3 bisa juga dengan menggeser tuas dari 2 ke 3 dan jika ingin menambah gigi menjadi gigi 4 maka hanya menggeser tuas dari 3 ke D.
Harus lebih hati hati dalam mengendarai kendaraan terlebih jika kita ingin mengurangi gigi maka konsentrasi dengan gas mobil yang sedang digunakan. Karena gas sangat mempengaruhi dalam pengurangan gigi. Itu secara garis besar yang harus diperhatikan dalam mengendarai mobil matic. Selain itu ada berbagai macam cara yang lebih terperinci dalam mengendarai mobil matic.
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Jika Anda tertarik untuk berlatih  stir mobil ,  sewa mobil ,  mengemudi mobil ,  tempat belajar mobil ,  pribadi mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan. Info lain bisa anda klik DISINI 


Alamat Kantor: 
Jl Raya Bohar no 32 Upah - Aloha S 
doarjo 
(Samping apotik bohar & depan perum royal gaji kabupaten) 
Firmansyah 
Tlpn / Sms / Wa 
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354  (Telkomsel) 
0857.0601.2354 (Indosat)

Cara Merawat Kaki Kaki Mobil Beserta Penjelasan Komponennya

Cara Merawat Kaki – Kaki Mobil

Situasi kaki-kaki mobil memiliki manfaat yang betul-betul paling utama untuk kenyamanan berkendaraan. Ditambah lagi apabila kita kerjakan perjalanan jauh dan lewat jalan yang banyak berlubang. Situasi kaki – kaki mobil yang bertindak baik dan normal jadi prasyarat paling utama.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara merawat kaki – kaki mobil agar awet, namun sebelum kita membahas mengenai cara merawat kaki – kaki mobil alangkah baiknya kita mengenal dulu komponen – komponen yang berada dibagian kaki-kaki mobil. Berikut 6 komponen yang ada dibagian kaki – kaki mobil :

Ban
Ban adalah komponen kaki – kaki mobil yang utama dalam kendaraan, apapun jenis kendaraan pasti ada roda sebab kalau tidak ada rodanya maka kendaraan tidak akan berjalan bukan. Ban bisa dikatakan sebagai komponen yang cuku penting keberadaannya. Baca juga mengenai cara merawat mesin mobil tua.

Suspension / suspensi
Suspensi adalah komponen kaki – kaki mobil yang berfungsi sebagai peredam kejutan atau getaran yang terjadi pada kendaraan akibat jalanan yang tidak rata yang dapat meningkatkan kenyamanaan berkendara dan pengedalian kendaraan.

Tie Rod
Benda yang berfungsi sebagai penghubung setir dan pengikat roda agar dapat dibelok kan kekiri dan kekanan, bentuk dari tie rod adalah bundar kurang lebih besarnya seperti kelereng.

Komponen kaki – kaki mobil inilah yang sama pentingnya untuk dijaga daya ikatnya karena apabila terjadi kelonggaran mengakibatkan bunyi–bunyi dibagian roda serta membuat roda menjadi tidak stabil. Baca juga mengenai cara merawat mesin mobil injeksi.

Sponsors Link
Ball Joint
Sesuai dengan namanya bentuknya seperti bola. Dengan posisinya yang berada di dudukan roda dan juga sebagai penghubung lengan ayun,memudahkan untuk suspensi bergerak yang menahan roda agar tidak lepas dari chassis.

Apabila kalian berkendara dengan kecepatan 50 – 60 KM/Jam lalu roda masuk ke lubang kecil atau menabrak bebatuan kecil, maka setir akan langsung sulit di kendalikan.

ads
Bushing
Bushing berbentuk karet yang berfungsi untuk meredam getaran agar tidak mengganggu komponen logam lain yang tersambung, peran komponen kaki – kaki mobil ini berpengaruh akan kenyamanan dalam mengemudi.

Pada umumnya bushing memiliki dua jenis berdasarkan tempatnya yaitu Bushing stabilizer sebagai pengikat ke chassis mobil dan menyeimbangkan kedua suspense kiri dan kanan, sedangkan bushing swing arm untuk meredam getaran pada saat mobil berjalan. Baca juga mengenai cara mengatasi mesin mobil cepat panas.

Bearing
Bearing atau laher yang kalian kenal merupakan komponen kaki – kaki mobil memiliki fungsi sebagai bantalan roda agar dapat roda berputar dengan mereduksi atau memperkecil gaya gesek yang terjadi pada sumbu putar sehingga perputarannya menjadi lebih halus dan lancar.

Bearing merupakan factor kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara karena sebagai komponen sentral, apabila tanpa adanya bearing roda akan cepat panas berlebih, bergetar dan komponen putar yang ada di dalamnya menjadi patah.

Itulah 6 komponen bagian dari kaki – kaki mobil, setelah kita mengetahui bagian dari kaki mobil langkah selanjutnya adalah merawatnya, Agar kaki – kaki mobil tetap awet dan tidak mudah rusak.

Sebelum terjadi kerusakan yang fatal. Langkah awal yaitu, mengecek setiap komponen kaki mobil secara berkala, hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa parah kerusakan pada komponen tersebut, jika salah satu komponen ada yang rusak maka akan berpengaruh ke komponen yang lainnya dan akan mengganggu performa kenyamanan anda dalam berkendara.

Jika sudah begini mau tidak mau kita harus membawanya kebengkel untuk diperbaiki. Berikut adalah cara merawat kaki – kaki  mobil agar tetap awet :

1. Jalan perlahan

Jika anda ingin merawat kaki – kaki mobil agar tetap prima dan tidak cepat rusak, anda harus bisa mengendalikan diri dan mobil anda pada saat melalui jalan atau medan yang rusak. Usahakan jangan terlalu menghentakkan kaki-kaki pada jalan yang rusak, karena bisa berdampak buruk alias dapat merusak komponen kaki – kaki mobil anda.

Paculah mobil dengan kecepatan sedang, ini untuk menghindari jika sewaktu-waktu kita melihat jalanan berlubang, agar kita bisa menghindari lubang tersebut.

2. Jangan Parkir Sembarangan

Cara merawat kaki – kaki mobil selanjutnya ialah tidak parkir sembarangan. Masalah parkir adalah salah satu masalah yang tidak banyak di sadari oleh pengguna karena dapat merusak komponen mobil dan komponen mesin mobil secara perlahan selain itu parkir disembarang tempat akan mengganggu pengguna jalan lainnya. Maka dari itu hindari parkir disembarang tempat dan juga hindari parkir pada tempat yang tidak rata.

Carilah tempat parkir yang permukaannya rata. Jika anda memaksakan parkir dengan tempat yang permukaan tidak rata maka bisa di pastikan kaki-kaki mobil akan memiliki tekanan yang tidak merata dan dapat dengan cepat merusak komponen kaki-kaki mobil.

Kemudian, hindari  juga parkir dengan ban atau stir dalam keadaan belok dan usahakan sebelum parkir kondisi stir dalam keadaan yang lurus.

3. Jangan Memakai Velg Besar

Biasanya pengguna kendaraan ingin tampil beda dengan memodifikasi bagian velgnya dengan ukuran yang lebih besar. Namun perlu anda ketahui bahwa sebagian mobil punya standarisasi sendiri untuk ukuran velg, tidak semua mobil cocok dengan velg ring yang telalu besar.

Jika di paksakan, maka dapat merusak komponen kaki-kaki mobil anda dengan cepat.sebagai saran alangkah baiknya kita tetap menggunakan velg standar perusahaan.

Itulah beberapa cara merawat kaki – kaki mobil, rawatlah komponen – komponen pada bagian kaki mobil sebelum terjadi kerusakan, karena merawat lebih baik daripada memperbaiki. Jika kaki – kaki mobil terawat dengan baik, bukan tidak mungkin kondisi mobil dan performanya pun akan awet.

Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

Tips Memilih Sparepart Mobil Bagi Anda Pecinta Mobil

Tips Memilih Sparepart Mobil

Saat mobil canggih dan suku cadang yang baru terasa mahal, maka salah satu cara yang umum dibeli adalah membeli suku cadang bekas atau kedua. Dan biasanya, kebanyakan orang akan memilih untuk membeli suku cadang bekas yang diimport banyak bengkel atau toko onderdil dari Singapura. Suku cadang tersebut lazimnya disebut spare part ex-singapura.
Kendaraan Pribadi roda dua atau roda empat yang tahun perakitannya 2005 ke atas dapat digolongkan sebagai kendaraan yang sudah usang termakan masa. Sangat dipastikan salah satu onderdil / suku cadang atau spare partnya. Kesalahan menciptakan kendaraan membuat kesayangan yang tidak berjalan secara maksimal.
Bengkel atau toko onderdil bekas yang menyediakan suku cadang ex-singapura itu memang cukup lengkap dari jenis spare part dan juga mesin kendaraan. Hampir semua merk dan produk mobil populer mereka jual. Namun demikian, tidak semua suku cadang bekas dalam kondisi yang baik dan dapat kembali. Ini adalah beberapa tips untuk membeli spare part mobil bekas ex-Singapura yang kadang-kadang ditemukan masalah dan perempuan untuk diwaspadai.
Tips dan trik bagaimana cara memilih spare part kendaraan kesayangan kami, sebagai saran untuk anda yang hobi menggunakan kesayangan anda, yaitu:
Prioritaskan mesin bekerja secara maksimal, jika ada kejanggalan dari mesin suara maka segeralah periksakan ke bengkel kendaraan terdekat.
Konsultasikan dengan mekanik atau montir tentang pengaruh dari memperbaiki satu suku cadang yang dapat menyebabkan suku cadang lain menjadi rusak.
Jika memang diperlukan untuk segera mengeluarkan mesinnya dan salah satu onderlinya perlu diganti maka pilihlah spare part yang asli. Bila tidak tersedia lagi, suku-suku cadang dapat digunakan untuk ahli montir yang paling berpengalaman.
Adapun beberapa jenis sparepart yang biasa dijual ditoko yang menyediakan spare part ex-singapore antara lain sebagai berikut:
Kompresor Air Conditioner (AC)
Jika dilihat secara umum, jarang sekali kerusakan dapat dilihat begitu saja. Biasanya, kerusakan dapat dipasang setelah kompresor AC terpasang dan dinyalakan. Jika saat dinyalakan terdengar berisik atau suara yang tidak normal, maka diperlukan besar dalam komponen-komponen tersebut. Bisa saja bantalan atau piston di dalamnya. Maka dari itu, mintalah untuk toko atau bengkel tempat Anda membeli untuk dapat menukarkan kompresor yang akan Anda beli jika ternyata bermasalah.
Motor Wiper
Spare part ini juga cukup banyak dicari oleh pemilik mobil dengan tahun 2000 ke bawah. Biasanya, mobil yang sudah cukup akan kembali berfungsi pada motor wiper atau putarannya sudah lemah karena termakan waktu. Harga motor wiper ini sendiri cukup mahal, berkisar antara 200 hingga 300 ribu rupiah dengan kondisi kedua ex-Singapura. Namun untuk mengecek kondisinya, Anda dapat menyalakan atau melakukan tes kerja motor wiper tersebut saat akan melakukan pencadangan secara langsung.
Elektrik Fan (Kipas Elektronik Radiator)
Kipas elektronik atau elektrik fan yang berfungsi untuk menjaga dan menurunkan suhu dan cukup banyak diminati oleh pemilik mobil. Biasanya orang-orang yang mencari penggemar karena mereka adalah orang-orang yang berani, atau pemilik mobil yang masih menggunakan kipas radiator dan ingin menggantinya dengan kipas elektrik.
Kiat-kiat untuk membeli kipas angin eks-Singapura atau bekas lokal sangat mudah, cukup untuk kondisi setiap bagian normal dan tidak ada yang patah atau rusak. Pastikan pula barang yang Anda beli adalah barang asli untuk menjaga keawetannya. Harga elektrik fan sendiri bervariasi, tergantung dengan jenis dan tipe mobil yang.
Selain spare part yang terbilang besar di atas, ada banyak suku cadang eks-Singapura lainnya yang masih banyak dicari orang.
Suku cadang kendaraan yang tidak dapat digunakan tidak resmi, ada yang lebih baik di tempat onderdil jadul atau toko barang bekas kendaraan bermotor. Sedikit tips, Biasanya bengkel akan menyarankan kita untuk membawa barang yang sudah rusak dan ingin kita beli gantinya. Dengan demikian, toko dapat mencari produk yang sama atau dapat digunakan untuk spare part tersebut di mobil kita.

Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Jika Anda tertarik untuk berlatih  stir mobilsewa mobilmengemudi mobiltempat belajar mobilpribadi mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan. Info lain bisa anda klik  DISINI 

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Upah - Aloha S
i doarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal gaji kabupaten)
Firmansyah
Tlpn / Sms / Wa

0857.0601.2354 (Indosat)

Tips Merawat Xenia Dengan Mudah Dan Benar

Pada kesempatan kali ini saya akan meberikan Tips Merawat Mobil Xenia Baru, atau mobil merek lain yang baru Anda beli dari sebuah dealer mobil.
Setiap pelanggan setelah pembelian mobil baru contohnya membeli mobil xenia baru, pasti akan di ingitkan atau di follow up setelah 1 bulan pertama, oleh pihak dealer atau penjualan (penjual mobil tsb) agar melakukan layanan secara otomatis sesuai ketentuan dealer.
Proses untuk pemilik ponsel baru kami mesti melakukan pengecekan yang pertama kali adalah di KM 1000./ 1 Bln pertama, sejak kami menerima mobil. Biasnya bisa di lihat pada surat bukti serah terima kendaraan (BSTK) / (BPK) bukti penerimaan kendaraan.
Lakukan untuk melakukan service dan pergantian oli pertama pada KM 10.000 / (6 bln). mana yang terjadi terlebih dahulu, dihitung untuk mobil jarang setelah 6 bln berikutnya km mobil kurang dari 10.000, Anda tetap harus melakukan layanan sesuai jarak tempuh atau hitungan waktu, seperti itu setiap kelipan 10.000 / kelipatan 6 bln.
Tips Merawat mobil
  • Ganti Oli mesin secara online, sangat baik dengan perawatan yang satu ini. Untuk menjaga kondisi mesin mobil agar selalu prima oli mobil selayaknya wajib diganti secara akurat dan tepat sesuai dengan aturan standar masing-masing mobil, pada umumnya panggilan untuk mobil daihatsu xenia setelah kendaraan menempuh jarak 10.000 km
  • Gantilah oli gardan dan juga pada persneling secara rutin mungkin 6 hingga 12 bulan sekali tergantung penggunaan, kemudian oli gardan dan persneling yang telah diganti secara rutin akan membuat mobil akan terasa ringan pada saat akselerasi, hal ini juga bermanfaat untuk membuat irit bahan bakar yang ada di mobil xenia.
  • Service mobil xenia anda secara online, dapat diaplikasikan 10.000 km / 6 bulan sekali, layanan lah selalu ke bengkel yang resmi, bengkel resmi adalah yang paling cocok dan canggih, selain itu Berkala also Menjadi Syarat Mutlak berlakunya warannty mesin Kendaraan Dan Komponen Komponen Kendaraan Yang TIDAK Habis di pakai, apalagi khususnya PADA mobil Yang Masih Baru dan also Mewah Yang Sudah using Sistem komputerisasi di SETIAP Bagian mesin Kendaraan.   
  • Jika ada bunyi di bagian bawah atau kaki-kaki mobil Anda, maka Anda dapat membawa ke bengkel lalu tanyakan apakah sebuah akar dasi, bola bersama atau leher roda yang sedang untuk kerusakan, dan untuk yang lebih awal pada bagian Agar tidak merembet ke bagian yang lain tentu saja akan lebih banyak biaya yang lebih besar pada saat bagian kecil akan rusak, yang seperti roda rusak yang akan membuat larangan untuk kebotakan pada satu sisi bagiannya saja.
  • Bungkuslah jok mobil, hal ini lebih mudah membersihkannya menggunakan sendok jok berbahan kulit, dan jok kulit ini cukup dibersihkan dengan menggunakan lap basah saja. Pada saat yang sama juga cocok untuk menggunakan dashboard mobil, dan Anda juga dapat menggunakan juga untuk mobil dan interior.
  • Selanjutnya Anda dapat menggunakan vacum cleaner untuk dapat membersihkan plafon mobil dan juga bagian karpet dan interior lainnya, selain itu Anda juga dapat mengakses lebih dari 1 hingga 2 minggu sekali mendatangi pencucian mobil untuk dapat membersihkan mobil xenia milik Anda. Pilihlah pencucian mobil yang telah menggunakan hidrolik hal ini untuk mobil Anda dapat terangkat keatas, sebab pada bagian bawah mobil xenia juga harus dibersihkan untuk membuang kotoran yang menempel di bagian bawah mobil.
  • Selanjutnya Anda dapat menggunakan stempet (gemuk) terbaik di bagian engsel pintu mobil, dan kap mesin dan bagian untuk pintu tidak berbunyi.
  • Tips merawat mobil adalah cara yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan dalam mobil interior terutama pada bagian mobil yang tidak terlihat, dengan di dalam mobil hal ini juga tidak baik bagi kesehatan untuk perokok pasif, dan membuat mobil memilik menjadi tidak mewah. . Dan beberapa penelitian tentang kesehatan dan mendapatkan informasi yang lebih baik dari Anda untuk merokok.

Demikian lah beberapa tips untuk merawat mobil kesayangan anda, semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Jika Anda tertarik untuk berlatih  stir mobilsewa mobilmengemudi mobiltempat belajar mobilpribadi mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan. Info lain bisa anda klik  DISINI 

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Upah - Aloha S
i doarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal gaji kabupaten)
Firmansyah
Tlpn / Sms / Wa
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354  (Telkomsel)
0857.0601.2354 (Indosat)