Cara Mengemudi Mobil Matic Yang Benar

Apabila kita ingin menghidupkan atau mengendarai mobil maka sebelumnya harus memastikan bahwa tuas mobil sedang dalam posisi P (Parkir) atau dengan simbol lain yaitu N (Netral). Desain transmisi matic telah diciptakan oleh produsen mesin mobil sehingga mesin mobil bisa hidup jika posisi tuas berada di P (Parkir) atau N (Normal).
2. Langkah Kedua
Apabila mesin mobil baru saja dihidupkan maka tunggu beberapa menit sampai suhu mesin dan transmisi bisa tercapai secara otomatis. Dari beberapa macam bentuk transmisi otomatis, maka percepatan dalam pemindahan yang secara otomatis belum terjadi secara sempurna karena suhu kerja belum normal.
3. Langkah Ketiga
Apabila kita akan menekan pedal rem maka jika akan menggeser tuas atau akan menjalankan mobil pastikan dulu bahwa rem sudah ditekan. Dan jika kita akan menggeser tuas dari P ke R dan N ke D atau sebaliknya, ada nya rem dalam penggeseran tuas salah satunya untuk menghindari kerusakan mesin.
4. Langkah Keempat
Jika ingin memulai dalam perjalanan dengan kondisi normal, maka perhatikan tuas sudah dalam posisi D (Drive) yang berguna untuk berjalan maju sedang kan tuas dalam posisi R (mundur). Dalam mengendarai mobil tidak hanya melewati jalan yang lurus saja tetapi juga akan melaju di jalan yang mengalami tanjakan, turunan, bahkan licin maka jika menemui jalan tanjakan membutuhkan bantuan pengereman mesin (engine break),  perlu adanya pergeseran tuas ke posisi 2. Apabila perjalanan yang dialami menanjak atau menurun yang sangat ekstrim maka tuas harus digeser ke posisi 1 atau L.JI
5. Langkah kelima 
Dalam pemilihan mode untuk pengoperasian ekonomis jika tersedia. Dilihat juga dari kegunaan ekonomis yang umumnya hanya digunakan untuk kondisi saat berada di perjalanan kota yang sudah sangat terkenal dengan macet, setiap pengemudi pasti ingin menghemat penggunaan BBM atau ingin mengendarai kendaraan secara santai. Bisa juga memilih metode ekonomis, perpindahan dalam metode percepatan akan otomatis berlangsung di awal.
Dalam mode power kemungkinan terjadinya perpindahan kecepatan yang otomatis lebih lambat sehingga mobil bisa berakselarasi. Ada banyak jenis dalam transmisi otomatis, dalam pemilihan miode pengoperasian, akan sama seperti pemilihan mode pengoperasian S (Sport)
6. Langkah keenam
Didalam mobil matic ada yang namanya Tombol OD atau menggeser tuas ke posisi 3 fungsinya untuk membantu kita dalam berakselerasi dalam menggunakan gigi 3. Apabila kita ingin melaju lebih cepat dan ingin mendahului mobil yang berada didepan kita maka harus menggunakan kecepatan diatas standar yaitu sekitar 60-80 km/jam. dalam kecepatan 60-80 km/jam juga bisa kita gunakan saat berada di area yang memiliki tanjangan panjang dan harus dengan menggunakan gigi 3. Jika tombol OD/OFF menyala itu tandanya perpindahan dalam percepatan dibatasi hanya pada gigi 3.
7. Langkah ketujuh
Untuk menggunakan mode pengoperasian manual maka pilihlah metode Pengoperasian M (Manual), jika ingin mengendarai kendaraan mobil matic seperti mobil manual. Dengan adanya fasilitas manual matic maka kemungkinan untuk menambah dan mengurangi tingkat percepatan bisa sesuai dengan apa yang pengemudi inginkan. Hanya dengan cara menggeser tuas ke posisi M (Manual) atau juga bisa saat mobil dalam keadaan berhenti atau dalam keadaan berjalan dengan kecepatan yang tidak menentu, kemudian menggeser tuas (+) untuk menambah gigi dan tuas (-) untuk mengurangi gigi.
Ada berbagai macam mobil yang telah dilengkapi pedel shift yang berada di belakang pengemudi, tetapi hanya mobil tertentu saja yang memiliki fasilitas tersebut. Kemudian setelah tuas digeser ke M maka pelan – pelan menarik pedel ke posisi + (kanan) guna untuk menambah gigi atau sebalik nya mengurangi gigi pada tombol – (kiri).
Mobil matic yang tidak menyediakan fasilitas manual – matic maka bisa saja jika akan memindah atau mempercepat gigi secara manual. Contohnya jika ingin mulai berjalan dari gigi 1 dan untuk menambah percepatan cukup menggeser ke tuas 2 dan selanjutnya. Sebelum menggeser tuas D maka tekan terlebih dahulu tombol OD agar tombol OD/OFF.
Dan juga sebaliknya , hal ini dilakukan agar dalam perpindahan gigi tidak terjadi secara otomatis. Dalam mobil matic PRN D-3 2 1 / L, jika ingin memindahkan gigi 2 menjadi gigi 3 bisa juga dengan menggeser tuas dari 2 ke 3 dan jika ingin menambah gigi menjadi gigi 4 maka hanya menggeser tuas dari 3 ke D.
Harus lebih hati hati dalam mengendarai kendaraan terlebih jika kita ingin mengurangi gigi maka konsentrasi dengan gas mobil yang sedang digunakan. Karena gas sangat mempengaruhi dalam pengurangan gigi. Itu secara garis besar yang harus diperhatikan dalam mengendarai mobil matic. Selain itu ada berbagai macam cara yang lebih terperinci dalam mengendarai mobil matic.
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Jika Anda tertarik untuk berlatih  stir mobil ,  sewa mobil ,  mengemudi mobil ,  tempat belajar mobil ,  pribadi mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan. Info lain bisa anda klik DISINI 


Alamat Kantor: 
Jl Raya Bohar no 32 Upah - Aloha S 
doarjo 
(Samping apotik bohar & depan perum royal gaji kabupaten) 
Firmansyah 
Tlpn / Sms / Wa 
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354  (Telkomsel) 
0857.0601.2354 (Indosat)

Cara Merawat Kaki Kaki Mobil Beserta Penjelasan Komponennya

Cara Merawat Kaki – Kaki Mobil

Situasi kaki-kaki mobil memiliki manfaat yang betul-betul paling utama untuk kenyamanan berkendaraan. Ditambah lagi apabila kita kerjakan perjalanan jauh dan lewat jalan yang banyak berlubang. Situasi kaki – kaki mobil yang bertindak baik dan normal jadi prasyarat paling utama.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara merawat kaki – kaki mobil agar awet, namun sebelum kita membahas mengenai cara merawat kaki – kaki mobil alangkah baiknya kita mengenal dulu komponen – komponen yang berada dibagian kaki-kaki mobil. Berikut 6 komponen yang ada dibagian kaki – kaki mobil :

Ban
Ban adalah komponen kaki – kaki mobil yang utama dalam kendaraan, apapun jenis kendaraan pasti ada roda sebab kalau tidak ada rodanya maka kendaraan tidak akan berjalan bukan. Ban bisa dikatakan sebagai komponen yang cuku penting keberadaannya. Baca juga mengenai cara merawat mesin mobil tua.

Suspension / suspensi
Suspensi adalah komponen kaki – kaki mobil yang berfungsi sebagai peredam kejutan atau getaran yang terjadi pada kendaraan akibat jalanan yang tidak rata yang dapat meningkatkan kenyamanaan berkendara dan pengedalian kendaraan.

Tie Rod
Benda yang berfungsi sebagai penghubung setir dan pengikat roda agar dapat dibelok kan kekiri dan kekanan, bentuk dari tie rod adalah bundar kurang lebih besarnya seperti kelereng.

Komponen kaki – kaki mobil inilah yang sama pentingnya untuk dijaga daya ikatnya karena apabila terjadi kelonggaran mengakibatkan bunyi–bunyi dibagian roda serta membuat roda menjadi tidak stabil. Baca juga mengenai cara merawat mesin mobil injeksi.

Sponsors Link
Ball Joint
Sesuai dengan namanya bentuknya seperti bola. Dengan posisinya yang berada di dudukan roda dan juga sebagai penghubung lengan ayun,memudahkan untuk suspensi bergerak yang menahan roda agar tidak lepas dari chassis.

Apabila kalian berkendara dengan kecepatan 50 – 60 KM/Jam lalu roda masuk ke lubang kecil atau menabrak bebatuan kecil, maka setir akan langsung sulit di kendalikan.

ads
Bushing
Bushing berbentuk karet yang berfungsi untuk meredam getaran agar tidak mengganggu komponen logam lain yang tersambung, peran komponen kaki – kaki mobil ini berpengaruh akan kenyamanan dalam mengemudi.

Pada umumnya bushing memiliki dua jenis berdasarkan tempatnya yaitu Bushing stabilizer sebagai pengikat ke chassis mobil dan menyeimbangkan kedua suspense kiri dan kanan, sedangkan bushing swing arm untuk meredam getaran pada saat mobil berjalan. Baca juga mengenai cara mengatasi mesin mobil cepat panas.

Bearing
Bearing atau laher yang kalian kenal merupakan komponen kaki – kaki mobil memiliki fungsi sebagai bantalan roda agar dapat roda berputar dengan mereduksi atau memperkecil gaya gesek yang terjadi pada sumbu putar sehingga perputarannya menjadi lebih halus dan lancar.

Bearing merupakan factor kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara karena sebagai komponen sentral, apabila tanpa adanya bearing roda akan cepat panas berlebih, bergetar dan komponen putar yang ada di dalamnya menjadi patah.

Itulah 6 komponen bagian dari kaki – kaki mobil, setelah kita mengetahui bagian dari kaki mobil langkah selanjutnya adalah merawatnya, Agar kaki – kaki mobil tetap awet dan tidak mudah rusak.

Sebelum terjadi kerusakan yang fatal. Langkah awal yaitu, mengecek setiap komponen kaki mobil secara berkala, hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa parah kerusakan pada komponen tersebut, jika salah satu komponen ada yang rusak maka akan berpengaruh ke komponen yang lainnya dan akan mengganggu performa kenyamanan anda dalam berkendara.

Jika sudah begini mau tidak mau kita harus membawanya kebengkel untuk diperbaiki. Berikut adalah cara merawat kaki – kaki  mobil agar tetap awet :

1. Jalan perlahan

Jika anda ingin merawat kaki – kaki mobil agar tetap prima dan tidak cepat rusak, anda harus bisa mengendalikan diri dan mobil anda pada saat melalui jalan atau medan yang rusak. Usahakan jangan terlalu menghentakkan kaki-kaki pada jalan yang rusak, karena bisa berdampak buruk alias dapat merusak komponen kaki – kaki mobil anda.

Paculah mobil dengan kecepatan sedang, ini untuk menghindari jika sewaktu-waktu kita melihat jalanan berlubang, agar kita bisa menghindari lubang tersebut.

2. Jangan Parkir Sembarangan

Cara merawat kaki – kaki mobil selanjutnya ialah tidak parkir sembarangan. Masalah parkir adalah salah satu masalah yang tidak banyak di sadari oleh pengguna karena dapat merusak komponen mobil dan komponen mesin mobil secara perlahan selain itu parkir disembarang tempat akan mengganggu pengguna jalan lainnya. Maka dari itu hindari parkir disembarang tempat dan juga hindari parkir pada tempat yang tidak rata.

Carilah tempat parkir yang permukaannya rata. Jika anda memaksakan parkir dengan tempat yang permukaan tidak rata maka bisa di pastikan kaki-kaki mobil akan memiliki tekanan yang tidak merata dan dapat dengan cepat merusak komponen kaki-kaki mobil.

Kemudian, hindari  juga parkir dengan ban atau stir dalam keadaan belok dan usahakan sebelum parkir kondisi stir dalam keadaan yang lurus.

3. Jangan Memakai Velg Besar

Biasanya pengguna kendaraan ingin tampil beda dengan memodifikasi bagian velgnya dengan ukuran yang lebih besar. Namun perlu anda ketahui bahwa sebagian mobil punya standarisasi sendiri untuk ukuran velg, tidak semua mobil cocok dengan velg ring yang telalu besar.

Jika di paksakan, maka dapat merusak komponen kaki-kaki mobil anda dengan cepat.sebagai saran alangkah baiknya kita tetap menggunakan velg standar perusahaan.

Itulah beberapa cara merawat kaki – kaki mobil, rawatlah komponen – komponen pada bagian kaki mobil sebelum terjadi kerusakan, karena merawat lebih baik daripada memperbaiki. Jika kaki – kaki mobil terawat dengan baik, bukan tidak mungkin kondisi mobil dan performanya pun akan awet.

Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Apabila anda tertarik untuk latihan stir mobilsewa mobilkursus mengemudi mobiltempat belajar mobilprivate mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan Info lain bisa anda klik DISINI

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Wage - Aloha S
idoarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah
Tlpn/Sms/Wa
0811.356.3354
/ 0851 0327 9354 (Telkomsel)
0857.0601.2354  (Indosat)

Tips Memilih Sparepart Mobil Bagi Anda Pecinta Mobil

Tips Memilih Sparepart Mobil

Saat mobil canggih dan suku cadang yang baru terasa mahal, maka salah satu cara yang umum dibeli adalah membeli suku cadang bekas atau kedua. Dan biasanya, kebanyakan orang akan memilih untuk membeli suku cadang bekas yang diimport banyak bengkel atau toko onderdil dari Singapura. Suku cadang tersebut lazimnya disebut spare part ex-singapura.
Kendaraan Pribadi roda dua atau roda empat yang tahun perakitannya 2005 ke atas dapat digolongkan sebagai kendaraan yang sudah usang termakan masa. Sangat dipastikan salah satu onderdil / suku cadang atau spare partnya. Kesalahan menciptakan kendaraan membuat kesayangan yang tidak berjalan secara maksimal.
Bengkel atau toko onderdil bekas yang menyediakan suku cadang ex-singapura itu memang cukup lengkap dari jenis spare part dan juga mesin kendaraan. Hampir semua merk dan produk mobil populer mereka jual. Namun demikian, tidak semua suku cadang bekas dalam kondisi yang baik dan dapat kembali. Ini adalah beberapa tips untuk membeli spare part mobil bekas ex-Singapura yang kadang-kadang ditemukan masalah dan perempuan untuk diwaspadai.
Tips dan trik bagaimana cara memilih spare part kendaraan kesayangan kami, sebagai saran untuk anda yang hobi menggunakan kesayangan anda, yaitu:
Prioritaskan mesin bekerja secara maksimal, jika ada kejanggalan dari mesin suara maka segeralah periksakan ke bengkel kendaraan terdekat.
Konsultasikan dengan mekanik atau montir tentang pengaruh dari memperbaiki satu suku cadang yang dapat menyebabkan suku cadang lain menjadi rusak.
Jika memang diperlukan untuk segera mengeluarkan mesinnya dan salah satu onderlinya perlu diganti maka pilihlah spare part yang asli. Bila tidak tersedia lagi, suku-suku cadang dapat digunakan untuk ahli montir yang paling berpengalaman.
Adapun beberapa jenis sparepart yang biasa dijual ditoko yang menyediakan spare part ex-singapore antara lain sebagai berikut:
Kompresor Air Conditioner (AC)
Jika dilihat secara umum, jarang sekali kerusakan dapat dilihat begitu saja. Biasanya, kerusakan dapat dipasang setelah kompresor AC terpasang dan dinyalakan. Jika saat dinyalakan terdengar berisik atau suara yang tidak normal, maka diperlukan besar dalam komponen-komponen tersebut. Bisa saja bantalan atau piston di dalamnya. Maka dari itu, mintalah untuk toko atau bengkel tempat Anda membeli untuk dapat menukarkan kompresor yang akan Anda beli jika ternyata bermasalah.
Motor Wiper
Spare part ini juga cukup banyak dicari oleh pemilik mobil dengan tahun 2000 ke bawah. Biasanya, mobil yang sudah cukup akan kembali berfungsi pada motor wiper atau putarannya sudah lemah karena termakan waktu. Harga motor wiper ini sendiri cukup mahal, berkisar antara 200 hingga 300 ribu rupiah dengan kondisi kedua ex-Singapura. Namun untuk mengecek kondisinya, Anda dapat menyalakan atau melakukan tes kerja motor wiper tersebut saat akan melakukan pencadangan secara langsung.
Elektrik Fan (Kipas Elektronik Radiator)
Kipas elektronik atau elektrik fan yang berfungsi untuk menjaga dan menurunkan suhu dan cukup banyak diminati oleh pemilik mobil. Biasanya orang-orang yang mencari penggemar karena mereka adalah orang-orang yang berani, atau pemilik mobil yang masih menggunakan kipas radiator dan ingin menggantinya dengan kipas elektrik.
Kiat-kiat untuk membeli kipas angin eks-Singapura atau bekas lokal sangat mudah, cukup untuk kondisi setiap bagian normal dan tidak ada yang patah atau rusak. Pastikan pula barang yang Anda beli adalah barang asli untuk menjaga keawetannya. Harga elektrik fan sendiri bervariasi, tergantung dengan jenis dan tipe mobil yang.
Selain spare part yang terbilang besar di atas, ada banyak suku cadang eks-Singapura lainnya yang masih banyak dicari orang.
Suku cadang kendaraan yang tidak dapat digunakan tidak resmi, ada yang lebih baik di tempat onderdil jadul atau toko barang bekas kendaraan bermotor. Sedikit tips, Biasanya bengkel akan menyarankan kita untuk membawa barang yang sudah rusak dan ingin kita beli gantinya. Dengan demikian, toko dapat mencari produk yang sama atau dapat digunakan untuk spare part tersebut di mobil kita.

Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Jika Anda tertarik untuk berlatih  stir mobilsewa mobilmengemudi mobiltempat belajar mobilpribadi mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan. Info lain bisa anda klik  DISINI 

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Upah - Aloha S
i doarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal gaji kabupaten)
Firmansyah
Tlpn / Sms / Wa

0857.0601.2354 (Indosat)

Tips Merawat Xenia Dengan Mudah Dan Benar

Pada kesempatan kali ini saya akan meberikan Tips Merawat Mobil Xenia Baru, atau mobil merek lain yang baru Anda beli dari sebuah dealer mobil.
Setiap pelanggan setelah pembelian mobil baru contohnya membeli mobil xenia baru, pasti akan di ingitkan atau di follow up setelah 1 bulan pertama, oleh pihak dealer atau penjualan (penjual mobil tsb) agar melakukan layanan secara otomatis sesuai ketentuan dealer.
Proses untuk pemilik ponsel baru kami mesti melakukan pengecekan yang pertama kali adalah di KM 1000./ 1 Bln pertama, sejak kami menerima mobil. Biasnya bisa di lihat pada surat bukti serah terima kendaraan (BSTK) / (BPK) bukti penerimaan kendaraan.
Lakukan untuk melakukan service dan pergantian oli pertama pada KM 10.000 / (6 bln). mana yang terjadi terlebih dahulu, dihitung untuk mobil jarang setelah 6 bln berikutnya km mobil kurang dari 10.000, Anda tetap harus melakukan layanan sesuai jarak tempuh atau hitungan waktu, seperti itu setiap kelipan 10.000 / kelipatan 6 bln.
Tips Merawat mobil
  • Ganti Oli mesin secara online, sangat baik dengan perawatan yang satu ini. Untuk menjaga kondisi mesin mobil agar selalu prima oli mobil selayaknya wajib diganti secara akurat dan tepat sesuai dengan aturan standar masing-masing mobil, pada umumnya panggilan untuk mobil daihatsu xenia setelah kendaraan menempuh jarak 10.000 km
  • Gantilah oli gardan dan juga pada persneling secara rutin mungkin 6 hingga 12 bulan sekali tergantung penggunaan, kemudian oli gardan dan persneling yang telah diganti secara rutin akan membuat mobil akan terasa ringan pada saat akselerasi, hal ini juga bermanfaat untuk membuat irit bahan bakar yang ada di mobil xenia.
  • Service mobil xenia anda secara online, dapat diaplikasikan 10.000 km / 6 bulan sekali, layanan lah selalu ke bengkel yang resmi, bengkel resmi adalah yang paling cocok dan canggih, selain itu Berkala also Menjadi Syarat Mutlak berlakunya warannty mesin Kendaraan Dan Komponen Komponen Kendaraan Yang TIDAK Habis di pakai, apalagi khususnya PADA mobil Yang Masih Baru dan also Mewah Yang Sudah using Sistem komputerisasi di SETIAP Bagian mesin Kendaraan.   
  • Jika ada bunyi di bagian bawah atau kaki-kaki mobil Anda, maka Anda dapat membawa ke bengkel lalu tanyakan apakah sebuah akar dasi, bola bersama atau leher roda yang sedang untuk kerusakan, dan untuk yang lebih awal pada bagian Agar tidak merembet ke bagian yang lain tentu saja akan lebih banyak biaya yang lebih besar pada saat bagian kecil akan rusak, yang seperti roda rusak yang akan membuat larangan untuk kebotakan pada satu sisi bagiannya saja.
  • Bungkuslah jok mobil, hal ini lebih mudah membersihkannya menggunakan sendok jok berbahan kulit, dan jok kulit ini cukup dibersihkan dengan menggunakan lap basah saja. Pada saat yang sama juga cocok untuk menggunakan dashboard mobil, dan Anda juga dapat menggunakan juga untuk mobil dan interior.
  • Selanjutnya Anda dapat menggunakan vacum cleaner untuk dapat membersihkan plafon mobil dan juga bagian karpet dan interior lainnya, selain itu Anda juga dapat mengakses lebih dari 1 hingga 2 minggu sekali mendatangi pencucian mobil untuk dapat membersihkan mobil xenia milik Anda. Pilihlah pencucian mobil yang telah menggunakan hidrolik hal ini untuk mobil Anda dapat terangkat keatas, sebab pada bagian bawah mobil xenia juga harus dibersihkan untuk membuang kotoran yang menempel di bagian bawah mobil.
  • Selanjutnya Anda dapat menggunakan stempet (gemuk) terbaik di bagian engsel pintu mobil, dan kap mesin dan bagian untuk pintu tidak berbunyi.
  • Tips merawat mobil adalah cara yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan dalam mobil interior terutama pada bagian mobil yang tidak terlihat, dengan di dalam mobil hal ini juga tidak baik bagi kesehatan untuk perokok pasif, dan membuat mobil memilik menjadi tidak mewah. . Dan beberapa penelitian tentang kesehatan dan mendapatkan informasi yang lebih baik dari Anda untuk merokok.

Demikian lah beberapa tips untuk merawat mobil kesayangan anda, semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Demikian ulasan untuk artikel kali ini. Jika Anda tertarik untuk berlatih  stir mobilsewa mobilmengemudi mobiltempat belajar mobilpribadi mengemudi mobil surabaya, dengan orang yang tepat, maka akan kami sediakan. Info lain bisa anda klik  DISINI 

Alamat Kantor:
Jl Raya Bohar no 32 Upah - Aloha S
i doarjo
(Samping apotik bohar & depan perum royal gaji kabupaten)
Firmansyah
Tlpn / Sms / Wa
0811.356.3354 
/ 0851 0327 9354  (Telkomsel)
0857.0601.2354 (Indosat)

Menyiasati Perbaikan Transmisi Mobil Matik


Pada mobil matik terdapat ratusan komponen untuk membantu secara mekanik, hidrolik dan elektronik yang harus bekerja secara harmonis untuk menjamin kelancaran perpindahan giginya.
Sebaliknya, mobil transmisi manual sebagian besar kehalusan perpindahan giginya tergantung kepada pengemudi dalam menggunakan kopling misalnya. Transmisi manual juga memerlukan perubahan cairan periodik, tetapi biayanya cenderung lebih rendah sekitar setengah dari mobil matik.

Namun bukan hal yang mustahil untuk anda terhindar dari keharusan merogoh kocek kantong lebih dalam. Ada beberapa solusi perawatan dan perbaikan transmisi otomatis/ matik yang mudah, murah.
Karena kondisi jalanan kota sering macet dibanding di daerah, penggantian oli matik untuk mobil yang beroperasi di kota sebaiknya lebih awal dari rekomendasi pabrik.

Penggantian oli matic tidak mutlak harus melakukan flashing. Penggantian dengan cara konvensional tidak mengganggu kinerja atau memperpendek usia transmisi matik.
Prinsipnya penggantian yang lebih awal maka akan lebih baik, lebih sering melakukan penggantian juga akan lebih baik. Tapi, jika anda melakukan penggantian terlalu sering maka biaya yang dikeluarkan pun menjadi boros juga.

Dengan penggantian oli sistem konvensional, ada penghematan biaya sekitar Rp 500.000 – Rp 800.000 dalam setiap kali penggantian oli matik. Dalam kondisi penggunaan yang normal, dengan perawatan yang tepat dan baik, masalah yang terjadi pada transmisi otomatis umumnya baru terjadi pada pemakaian normal 100.000 km ke atas.

Pada umumnya untuk kondisi jalan, penggunaan, dan kepadatan lalu lintas di Indonesia, jarak pemakaian 100.000 km baru akan tercapai di atas 5 tahun pengendaraan.
Bila mobil jarang dikendarai, mungkin saja baru mencapai jarak tempuh 100.000 km pada tahun ke-7 atau 8 penggunaannya. Dengan kata lain selama waktu tersebut perawatan yang perlu dilakukan hanyalah mengganti oli, yang biayanya pun bisa lebih rendah dengan cara penggantian konvensional, seperti yang dikatakan sebelumnya di atas.

Setelah pemakaian sejauh 100.000 km, anda harus sudah mempersiapkan biaya yang akan dikeluarkan. Biaya tersebut untuk sekedar perbaikan ringan, sedang maupun overhaul. Mulailah mengumpulkan biaya, untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu anda harus mengeluarkan uang ekstra (biaya tidak terduga) untuk perbaikan/ overhaul transmisi matik.

Melakukan perbaikan dini bisa untuk memperpanjang usia pemakaian transmisi matik hingga 150.000 km bahkan hingga jarak 200.000 km tanpa perlu overhaul. Lakukanlah perbaikan dini sebelum gejala- gejala awal kerusakan terjadi. Perbaikan dini ini biasanya dilakukan pada saat jarak tempuh kendaraan baru mencapai maksimal 70.000 km.

Biaya perawatan dini tersebut berkisar Rp 500.000 – Rp 1 juta. Dengan melakukan perawatan transmisi otomatis dan mobil matik sejak dini, usia pemakaian mobil matik anda bisa bertambah 2 hingga 3 tahun dari kondisi pemakaian normal tanpa perawatan dini.

Alamat kantor:
Jln Raya Bohar 32 samping apotik bohar aloha sidoarjo

Hubungi Kami
085706012354(tlp.sms.w.a)
085103279354
0811.356.3354(tlp.sms.w.a)

Hadapi Masalah di Jalanan dengan Tips Berikut



Berkendara dengan aman tidak selalu berhasil dilakukan. Akan selalu ada masalah yang terjadi di jalanan terutama jika jalanan tersebut merupakan jalan besar dan jalur hampir semua jenis kendaraan. Keadaan jalan yang ramai juga menentukan apakah pengalaman berkendara akan aman atau tidak. Dalam berkendara tentu saja ada banyak sekali masalah yang bisa menghampiri Anda. Sebut saja kecelakaan, macet nya jalan raya di daerah Anda, lampu merah yang berkepanjangan, pengendara kendaraan lain yang tidak sabaran, adanya kemungkinan pencurian mobil dan barang-barang di dalamnya. Dalam berkendara ada beberapa hal yang bisa Anda ikuti untuk menghadapi berbagai masalah yang mungkin datang menghampiri Anda. Berikut tips nya:

1. Selalu Gunakan Sabuk Pengaman
Saat berkendara mengutamakan keamanan adalah hal yang utama. Keamanan menjamin Anda dapat kembali ke kediaman Anda dan bertemu kembali dengan orang-orang yang Anda kasihi. Salah satu cara aman dalam berkendara adalah dengan menggunakan sabuk pengaman. Penggunaan ini menghindari Anda dari dari benturan keras saat terjadi kecelakaan dalam berkendara. Masalah ini mungkin saja terjadi kepada siapa saja termasuk kepada Anda. Menggunakan sabuk pengaman adalah satu langkah lebih maju demi keamanan berkendara.

2. Pilih Jalur Yang Aman
Saat akan berkendara ke tempat tujuan Anda, sangatlah penting memilih jalur kendaraan yang aman. Memilih jalur kendaraan yang aman berarti memilih jalur yang memiliki resiko kecelakaan rendah, seperti jalur kendaraan yang ramai kendaraan. Jalan yang terlalu ramai bisa menyebabkan kemacetan panjang dan resiko mobil Anda tergores oleh kendaraan lain. Bukan berarti Anda juga harus memilih jalan yang sepi dari kendaraan lain. Tetapi pilihlah jalur yang menurut Anda dapat mengurangi resiko kecelakaan. Jika Anda sedang berada di jalan tol, maka pilihlah jalur dengan kecepatan yang biasanya Anda gunakan. Selalu berhati-hati saat berkendara di jalan bebas hambatan untuk menghindari kecelakaan lain.

3. Tingkatkan Kewaspadaan
Jika suatu saat Anda harus berkendara melalui jalan yang resiko terkena masalah tinggi, maka tingkatkanlah kewaspadaan. Masalah yang dimaksud adalah masalah seperti adaya begal, pencurian mobil. Modus dari pencurian ini pun bermacam-macam, mulai dari berpura-pura memberitahukan bahwa ban kendaraan Anda mengalami kebocoran. Berpura-pura meminta tumpangan dan meminta tolong. Biasanya para pelaku ini bekerja dengan cara berkelompok, sehingga jika ada yang mengatakan bahwa ban mobil Anda bocor segeralah periksa sekitar. Apakah ada kelompok orang yang sedang menunggu atau mengikuti di belakang. Jangan berhenti saat itu juga, tetapi carilah lokasi yang ramai dimana Anda bisa meminta tolong ketika terjadi apa-apa. Meningkatkan kewaspadaan sangatlah penting ketika Anda berkendara sendirian. Para pelaku kejahatan ini akan mengintai dari kejauhan dan memperhatikan Anda, terutama jika Anda terlihat berkendara sendirian.

4. Buat Panggilan Tombol Cepat Pada Ponsel
Ponsel sangat berguna ketika terjadi suatu masalah. Banyak masalah dijalanan dapat diselesaikan dengan bantuan ponsel. Begitu pun ketika terjadi apa-apa dengan Anda. Ketika Anda sudah meningkatkan kewaspadaan Anda dan ternyata Anda sedang dikuntit oleh sekelompok orang, maka gunakanlah tombol cepat yang telah diatur sebelumnya. Buatlah tombol dengan panggilan keluar ke nomor-nomor penting dimana Anda bisa meminta tolong. Seperti nomor polisi, orang tua, saudara atau teman Anda. Bantuan ini bisa langusng menghubungkan Anda untuk terhubung dengan orang-orang yang tepat.

5. Parkirlah Di Lokasi Yang Tepat
Ada banyak sekali kejadian curanmor ketika kendaraan tersebut sedang diparkir di tempat sembarangan. Bahkan parkir di tempat yang menurut Anda benar pun belum tentu bisa menjamin keamanan. Tetapi dengan parkir di lokasi yang tepat akan meningkatkan keamanan kendaraan Anda. Jangan parkir di pinggiran jalan dimana banyak sekali kendaraan yang lalu lalang. Ada kemungkinan mobil Anda bisa tergores atau bahkan kehilangan kaca spion seperti yang kerap terjadi belakangan ini. Jika Anda sedang tidak terburu-buru, carilah tempat parkir yang dapat menjamin keamanan mobil Anda, seperti di lokasi parkir supermarket atau mini market, gedung-gedung perkantoran yang memiliki pihak pengaman.

6. Jangan Dengarkan Musik Terlalu Kencang
Saat berkendara penting sekali untuk tidak mendengarkan musik terlalu kencang. Anda berkendara dijalanan dimana ada banyak sekali kendaraan lain yang juga menggunakan jalan tersebut. Mendengarkan musik terlalu kencang akan membuat Anda tidak bisa mendengar suara klakson dari mobil belakang bahkan mengurangi fokus Anda ketika berkendara. Maka dari itu banyak sekali pihak yang menyarankan untuk mendengarkan musik dengan suara yang sewajarnya saja. Jika memang musik yang Anda dengarkan mampu menggugah hati Anda, ada baiknya untuk menepi sebentar dan kembali berkendara setelah musik tersebut selesai Anda dengarkan.

7. Abaikan Ponsel Anda
Banyak sekali pihak-pihak yang mendukung para pengendara untuk tidak menggunakan ponsel saat berkendara. Bahkan banyak sekali iklan yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran untuk tidak menggunakan ponsel saat berkendara. Bahkan ada sekitar 30%-60% kecelakaan disebabkan oleh para pengendara yang mengemudi sambil menggunakan ponsel mereka. Tentu saja Anda tidak ingin ini terjadi kepada Anda ataupun anak anda bukan? Segeralah memulai kebiasaan mengabaikan ponsel ketika berkendara untuk menghindari masalah-masalah seperti kecelakaan atau bahkan menabrak kendaraan lain. Fokus adalah yang utama saat berkendara.

8. Hindari Jalan Yang Buruk
Untuk membuat mesin mobil lebih awet dan tahan lama saat berkendara, ada baiknya memperhatikan kondisi jalanan yang sering Anda lewati. Kondisi jalanan yang buruk dapat membuat mesin dan ban mobil Anda mengalami kerusakan secara bertahap. Kerusakan yang mobil Anda alami mungkin tidak terjadi saat itu juga, tetapi berkendara secara terus menerus dengan keadaan kondisi jalan yang buruk bisa menyebabkan kerusakan serius. Jika memang Anda tidak bisa menghindari kondisi jalanan seperti ini, artinya Anda harus melakukan perawatan secara rutin untuk menjaga kualitas mesin dan kendaraan Anda. Hal ini juga berlaku bukan untuk mobil saja, tetapi kendaraan lain seperti motor.

Memang tidak semua masalah bisa dihindari, tetapi Anda sebagai pemilik kendaraan bermotor bisa memilih menggunakan cara yang aman dan baik untuk mengurangi masalah-masalah yang muncul saat Anda berkendara. Tidak usah khawatir lagi dengan hal seperti ini, ikuti tips diatas untuk menghindari masalah-masalah yang kerap terjadi di jalanan.


Alamat kantor:
Jln Raya Bohar 32 samping apotik bohar aloha sidoarjo

Hubungi Kami
085706012354(tlp.sms.w.a)
085103279354
0811.356.3354(tlp.sms.w.a)